Profil Kontestan Euro 2016: GRUP E
Sport

Profil Kontestan Euro 2016: GRUP E

by Yogira
Thu, 16-Jun-2016

BELGIA

foto: irishmirror.ie
REKOR: Runner up Euro 1980
COACH: Marc Wilmots, eks pemain nasional Belgia. Dia sempat berkarier sebagai senator, lalu hijrah jadi pelatih Timnas. Sudah 31 menang diraih dari 47 laga.
PEMAIN KUNCI: Kevin De Bruyne, Eden Hazard, & Romelu Lukaku
PERSAINGAN DI GRUP: Grup E disebut grup neraka. Melawan Italia, Swedia dan Republik Irlandia yang punya tren positif tentu sulit.
PELUANG: Disebut sebagai generasi emas, banyak orang bertaruh Belgia akan berbicara di Euro ini. Tapi, kami tidak setuju.

ITALIA

foto: soccerbox.com
REKOR: Juara Euro 1968
COACH: Antonio Conte. Mantan pemain Juventus sekaligus pelatih yang menentang filosofi “Catenacio”. Conte membangun Timnas Italia baru yang lebih menyerang.
PEMAIN KUNCI: Gianluigi Buffon, Daniel de Rossi, Thiago Motta.
PERSAINGAN DI GRUP: Sebagai tim gaek, berada di grup ‘neraka’ pun tak soal bagi mereka. Italia pasti bisa lolos dari babak grup.
PELUANG: Mengandalkan permainan kolektif dan menyerang, bukan hal yang tak mungkin mengantarkan Italia menjuarai Euro 2016.

REPUBLIK IRLANDIA

foto: dailymail.co.uk/@PA
REKOR: Pernah masuk putaran final Euro 1988. Namun sejak itu hingga Euro 2012, mereka selalu tersisih pada fase penyisihan.
COACH: Martin O'Neill, eks pemain profesional. O'Neil pernah melatih klub-klub Inggris, yakni: Aston Villa, Sunderland, Leicester City.
PEMAIN KUNCI: John O'Shea, James McCarthy, Robbie Keane.
PERSAINGAN DI GRUP: Italia lawan terberatnya. Di grup E, mereka harus bersaing jadi runner up dengan Belgia atau Swedia.
PELUANG: Kalau bisa lolos ke 16 besar saja, itu prestasi. Tapi kalau jadi juara Euro 2016, hanya keajaiban yang ikut mengiringi performanya.

SWEDIA