Snorkeling atau Diving?
Sport

Snorkeling atau Diving?

by Pohan
Thu, 14-Jul-2016

Menyelam bisa menjadi kegiatan yang sangat mengasyikkan ketika bervakansi ke suatu pulau. Aktivitas ini bisa dibedakan menjadi dua, yaitu snorkeling [menyelam di permukaan air] dan diving [menyelam di bawah permukaan air]. Keduanya sama-sama dilakukan di air, namun snorkeling dan diving memiliki perbedaan. Apa saja? Simak langsung yuk..

» Snorkeling

Aktivitas berenang di permukaan air untuk melihat apa yang ada di bawah permukaan air. Jika kamu tidak bisa berenang, gunakan baju pelampung agar bisa mengamati pemandangan bawah air. Alat yang digunakan selang berbentuk huruf 'J', masker selam, dan alat bantu gerak kaki katak.

» Diving

Aktivitas menyelam di bawah permukaan air yang bisa dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu free diving dan scuba diving.

Free Diving: Menyelam dengan menahan nafas selama beberapa waktu di bawah permukaan air. Tidak menggunakan alat bantu pernafasan alias mengandalkan udara yang terdapat pada paru-paru saja. Free diving biasanya dilakukan oleh nelayan pencari ikan di sungai, danau maupun di laut.

Scuba Diving: Menyelam di bawah permukaan air dengan menggunakan alat bantu pernafasan berupa tabung udara. Kata scuba berasal dari singkatan Self Contained Underwater Breathing Apparatus, alat yang dibawa sendiri oleh para penyelam saat melakukan penyelaman. Butuh pengetahuan dan kemampuan yang memadai untuk melakukan kegiatan ini. Scuba Diving juga memerlukan sertifikat layaknya surat izin mengemudi, lho.


[][teks @pohanpow/ensiklo.com | foto dok. roanokeislandoutfittersanddivecenter.com, divein.com, berbagai sumber]