Olimpiade 2016, Rio de Janeiro, Ajang Berjuangnya 28 Putra Terbaik Indonesia
Sport

Olimpiade 2016, Rio de Janeiro, Ajang Berjuangnya 28 Putra Terbaik Indonesia

by Dedi
Fri, 05-Aug-2016

Jumat [05/08], Olimpiade 2016 resmi dimulai. Upacara pembukaan digelar di Stadion Maracana, Rio de Janiero, Brasil. Perwakilan atlet Indonesia akan turut berada di barisan defile sebagai salah satu kontingen yang turut memperjuangkan bangsanya. Sebanyak 28 atlet terbaik bangsa yang terdiri dari 17 atlet putra dan 11 atlet putri yang akan berlomba dalam 7 cabang olahraga.


Cabang olahraga bulutangkis dan angkat besi dijagokan sebagai penyumbang dari 2 medali emas yang ditargetkan. Bulutangkis mengandalkan 2 pasangan kuat, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Dengan 5 atlet putra dan 5 atlet putri, bulutangkis menjadi perwakilan terbesar dari kontingen Indonesia.


Sedangkan Triyatno dan Eko Yuli Irawan, peraih medali perak dan perunggu di Olimpiade 2012, menjadi andalan di angkat besi. Sepanjang keikutsertaan di Olimpiade, lifter-lifter Indonesia sudah meraih tiga medali emas dan lima perunggu.


Pada panahan Riau Ega Agata Salsabila, Muhammad Hanif, Hendra Wijaya menjadi debutan pada Olimpiade kali ini. Sementara, untuk atlet putri panahan Ika Yuliana Rochmawati, ini adalah Olimpiade ke-3 yang ia ikuti.


Selain itu atlet dayung La Memo dan Dewi Yuliawati akan menandai pertama kalinya Indonesia berpartisipasi di cabang olahraga ini. Semoga tradisi meraih medali emas yang terhenti pada Olimpiade 2012 akan kembali berlanjut di Olimpiade 2016. [][teks @dedi_sarwono/detik.com | foto berbagai sumber]