4 Raksasa Sepakbola Eropa Rebutan Juara
Sport

4 Raksasa Sepakbola Eropa Rebutan Juara

by Yogira
Wed, 29-Apr-2015

Mei menegangkan. Bukan karena demo atau kerusuhan, tapi karena pertandingan semifinal Liga Champions Eropa. Tak ayal, ketegangan bakal terjadi bagi para pendukung 4 raksasa sepakbola Eropa. Juventus, Real Madrid, Barcelona, dan Bayern Munchen sama-sama ingin merengkuh juara UEFA Champions League 2015.

Sesuai undian, 4 klub tersebut bakal bertarung habis-habisan pada semifinal dengan dua leg pertandingan.   Leg pertama: Juventus vs Real Madrid [5 Mei], Barcelona vs Bayern Munchen [6 Mei]. Leg kedua: Bayern Munchen vs Barcelona [12 Mei], Real Madrid vs Juventus [13 Mei]. Jadi, siapakah yang layak masuk final dan akhirnya girang mencium piala sebagai tanda juara?

Sejauh ini, nyaris rata-rata pengamat sepakbola dunia sulit jadi ‘cenayang’ yang meramalkan sang juara Liga Champions nanti. Alasan utamanya: keempat kontestan pernah sama-sama beberapa kali juara.

Ada yang menilai semifinal Liga Champions tahun ini, tim Juventus disebut-sebut paling kecil peluangnya jadi juara karena prestasinya di Liga Champions dalam 5 tahun terakhir ini. Tapi pendukung Juventus menampiknya. Pasalnya, tim berjuluk “Nyonya Tua” ini sedang dalam peak perfomance. Hingga di penghujung Liga Seri A Italy, Juve jadi pemuncak klasemen, dengan raihan poin cukup jauh dari pesaingnya.

Ada kemungkinan juga di babak final adalah partai klasik 2 klub dari Negeri Matador:  Real Madrid vs Barcelona. Tentu ini akan jadi pertandingan panas dan membetot emosi, mengingat dua tim sering berseteru.  Dua klub asal Spanyol itu sama-sama bakal mengandalkan trisula penyerang andalan. Real Madrid dengan trio Cristian Ronaldo, Gareth Bale, dan Karim Benzema. Dan Barcelona melalui Lionel Messi, Neymar, dan Luis Suarez.

Eits, jangan lupakan juga Bayern Munchen. Tim ini justru yang paling banyak dijagokan sebagai juara.  Berkat sentuhan tangan 'Midas', sang pelatih, “Pep” Guardiola, Munchen kini jadi tim paling stabil dan produktif menang.

Sebagai langganan juara di Bundesliga Jerman, pemain Munchen dari segala lini kini rajin mencetak gol.  Robert Lewandowski, Thomas Muller, Arjen Robben, Franck Ribéry, Mario Gotze, dan Bastian Schweinsteiger, hingga pemain belakang, Jerome Boateng adalah sederet punggawa Munchen yang bahaya di depan gawan lawan.

Memang sulit menebak calon juara Liga Champions tahun ini. Real Madrid, Juventus, Barcelona, dan Munchen adalah empat tim yang digdaya dalam percaturan sepakbola Eropa. Siapakah jagoan Anda? [][teks @yofirza | foto juventussverige.se/telegraph.co.uk]