Makanan Pembentuk Otot
Sport

Makanan Pembentuk Otot

by Sherra
Sat, 15-Oct-2016

Membentuk otot bukan cuma latihan yang konsisten lho. Asupan gizi jangan diabaikan. Nah, makanan-makanan berikut bisa jadi pilihan untuk membuat tubuh bugar, menambah massa otot, dan meningkatkan kekuatan otot.

#1 Daging sapi tanpa lemak

Mengandung besi, seng, dan vitamin B, daging sapi tanpa lemak sarat untuk pertumbuhan otot. Daging juga bahkan memberikan protein dan asam amino yang berkualitas untuk tubuh, tentunya pertumbuhan otot.

#2 Ayam tanpa kulit

Seperti daging, ayam juga sebuah sumber protein berkualitas tinggi yang penting dalam memperbaiki otot, kesehatan tulang, dan mengatur berat badan.

#3 Whey protein

Whey protein adalah suplemen yang paling populer dalam industri kebugaran karena menyediakan sumber protein yang cepat dan aman dengan harga yang terjangkau. Binaragawan biasanya mengonsumsi whey protein saat bangun tidur dan setelah latihan. Kadang whey protein ini dicampur dengan makanan lain.

#4 Telur

Telur mengandung 9 asam amino esensial, kolin, lemak baik, dan vitamin D. Umumnya, tiap butir telur memiliki sekitar 7-8 gram protein. Mengonsumsi telur mentah nggak dianjurkan. Sebaiknya diolah dulu ya!

#5 Ikan

Ikan tinggi protein, rendah lemak, dan kaya akan asam lemak omega-3. Omega-3 sangat penting dalam membantu mengikis lemak dan membuat metabolisme tubuh berjalan baik. Ikan salmon dan tuna bisa jadi pilihan.

#6 Oatmeal

Merupakan sumber karbohidrat yang memiliki mikronutrien dan serat tinggi yang bikin perut kenyang lebih lama. Selain itu, oatmeal termasuk makanan dengan nilai glikemik rendah yang membantu menurunkan berat badan dan memelihara otot.

#7 Biji-bijian

Biji-bijian dapat dicerna tubuh lebih efisien. Seperti halnya beras merah yang dapat membantu meningkatkan kadar hormon pertumbuhan yang penting untuk mendorong pertumbuhan otot, menghilangkn lemak berlebih, dan meningkatkan kekuatan.

#8 Buah dan sayur

Sumber antioksidan tinggi ini penting untuk sistem kekebalan tubuh. Buah dan sayur menyediakan banyak nutrisi lain, seperti vitamin C, vitamin E, beta-karoten, dan serat. Jangan lupa ya, tubuh membutuhkan serat untuk melancarkan pencernaan dan penyerapan nutrisi. Ingat, popeye aja biar kuat makan bayam.

#9 Lemak sehat

Mengonsumsi lemak? Kedengerannya seram ya, tapi lemak baik sangat penting untuk pertumbuhan otot. Bahkan lemak juga penting dalam produksi hormon [testosteron dan hormon pertumbuhan]. Lemak sehat ini bisa ditemukan pada ikan, kacang-kacangan, sayuran berdaun, minyak zaitun, alpukat, dan biji-bijian. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto pixabay.com]