5 Makanan Sebelum Olahraga
Sport

5 Makanan Sebelum Olahraga

by Pandu
Thu, 12-Jan-2017

Kebiasaan keliru yang sering dilakukan orang-orang adalah olahraga dengan perut kosong. Karena kalau makan sebelum olahraga bikin kram perut. Hmm, keliru oi keliru.

Penyebab kram perut itu kalau kita makan yang berat dan sulit dicerna oleh perut. Misalnya nasi putih, daging, kentang, atau tempe goreng dan bakwan. Kalau nggak mau sakit perutnya makan yang sederhana dan mudah dicerna.

Manuel Villacorta, penulis dan pakar gizi menyarankan lima makan yang bisa dikonsumsi sebelum olahraga. Ini daftarnya.

1. Pisang

Percayalah, pisang itu tinggi karbohidrat dan potassium. Tiga buah pisang dan segelas air putih cukup buat diajak lari 3 sampai 5 km. Semangat!

2. Kopi

Kafein dalam kopi menggampangkan tubuh lepaskan energi. Plus, menambah stamina dan menaikan potensi pembakaran lemak.

3. Smoothies Buah

Satu gelasnya berisi nutrisi kompleks yang berguna banget selama olahraga. Protein, gula, dan karbohidrat. Kurang apa lagi coba?

4. Putih Telur

Kaya protein dan tanpa lemak sama sekali. Bagusnya sih dikukus buat yang nggak suka mentah. Bikin otot cepat besar juga lho.

5. Roti Gandum

Simpel tapi bikin kenyang dan berenergi. Dua lembar roti gandum hampir mirip seporsi nasi putih. Tambahin madu atau selai sesuai selera Commuters.

Eits, tapi abis isi perut juga jangan langsung olahraga. Kasih jeda waktu antara 30 menit sampai sejam dulu. Biar makanan tadi dicerna sama tubuh. Biar nggak mual saat olahraga. [][teks @haabibonta | foto fitnessnutritiondenverboulder.com]