Kemping? Nih Manfaatnya
Sport

Kemping? Nih Manfaatnya

by Sherra
Sat, 11-Feb-2017

Mungkin kita nggak sadar, kemping itu punya banyak manfaat. Bukan soal kurang piknik aja sih, tapi bisa membantu kita secara fisik, mental, dan emosional.

1. Lepas dari Teknologi

Coba, udah berapa lama kamu nggak lepas dari gadget dan media sosial dalam sehari? Udah saatnya kamu putus hubungan dulu dengan mereka dan sinyal Wi-Fi. Rencanakan perjalanan kemping ceria. Bangunlah kembali hubungan dengan alam. Nikmati momennya, rileks, dan mood kamu pun bisa terisi kembali.

2. Mengurangi Stres

Tingkat stres tinggi bisa berdampak negatif pada kesehatan kita. Stres itu biangnya banyak penyakit. Nah, kemping atau kegiatan outdoor bikin kita bisa menggali pengalaman baru, mengurangi tingkat stres, kecemasan, dan depresi. Itulah alasannya orang yang gampang baper dibilang kurang piknik.

3. Jadi Lebih Aktif

Pernah nggak, melakukan gerakan yang nggak biasa, trus badannya jadi sakit atau pegel-pegel? Misalnya, udah lama nggak olahraga, terus jalan dengan jarak tempuh yang nggak seperti biasanya. Betis, paha, dan pergelangan kaki biasanya jadi pegal. Nah, makanya kita harus biasakan badan untuk lebih aktif dengan kegiatan outdoor, seperti kemping. Badan pun jadi terbiasa gerak. Nggak mageran lagi.

4. Dapat Udara Segar

Siapa sih yang bisa hidup tanpa oksigen? Udara segar yang kamu dapat saat kegiatan outdoor bisa membuat tubuh mengeluarkan senyawa serotonin yang bikin mood bagus. Fungsi otak pun meningkat secara instan. Cus jadwalin buat kemping bareng teman-teman di gunung atau di hutan.

5. Meningkatkan Vitamin untuk Tubuh

Ketika di luar, badan secara langsung menyerap sinar matahari. Vitamin D dari sinar UV penting buat tulang dan gigi. Tapi hati-hati ya, jangan terlalu banyak tersengat, karena malah membakar kulitmu.

6. Meningkatkan Hubungan

Saat kemping, kita jauh dari media sosial. Udah saatnya kembali ngobrol sama teman di dunia nyata. Bangun kepercayaan, kerjasama, dan memori indah saat kemping tentunya. Makanan yang masak ala kadarnya saat kemping aja rasanya tetep enak! [][teks & foto @saesherra]