Kasti dan Baseball, Apa Bedanya?
Sport

Kasti dan Baseball, Apa Bedanya?

by Intern
Fri, 12-May-2017

Kedua olahraga ini sudah cukup terkenal di Indonesia. Semua pasti kenal kasti, permainan olahraga sekolah. Sementara baseball, beberapa tahun belakan ini cukup happening. Apa perbedaannya?

1. Lapangan

Baseball punya aturan ketat mengenai lapangan. Semua serba diukur dan setiap kelompok umur punya standar berbeda. Kasti? Di mana saja juga jadi.

2. Pemukul

Pemukul yang digunakan di kasti dan baseball bentuknya sama. Bedanya hanya bahan pembentuk pemukul.

3. Bola

Bola yang dipakai baseball lebih keras, terbuat dari kulit, dan banyak jahitan. Sekali ketimpuk kenceng memar biru bisa segede bolanya! Sementara kasti lebih sering menggunakan bola tenis.

4. Pos/Hong

Di kasti, pos bisa menggunakan benda seadanya. Tetapi di baseball --sebutannya base-- harus diinjak setiap pemain melewatinya.

5. Posisi Pemain

Beda sama kasti yang tidak beraturan, posisi pemain baseball ada 9 dan setiap posisi punya tugas masing-masing. 

6. Cara Main

Di kasti, pemukul lari ke pos selanjutnya dan terus lari sampai pos terakhir. Ia baru dapat skor andai tidak kena lemparan bola lawan di area badan dan kaki. Sementara di baseball, bola ditangkep menggunakan glove, lalu dilempar ke teman dan pelari lawan bakal mati jika bolanya langsung tertangkap atau telat menginjak base.  

7. Lama Permainan

Biasanya main kasti paling lama 45 menit. Kalau baseball waktu standarnya 3 jam, tapi terkadang, saking kuat kedua timnya, mereka bisa main hingga 6 jam!

8. Score Permainan

Cara keduanya mencetak skor sama, yaitu injak pos atau base terakhir dan setiap pemain di hitung satu. Sebutan skor di baseball adalah Run.

Nah, sekarang sudah tau perbedaannya kan? Pada akhirnya kedua olahraga ini sangat baik untuk meningkatkan sportivitas. Yuk main! [][teks @alya_adara/berbagai sumber | foto ktmc.info, johndavidmann.com]