}
Olahraga untuk Cedera Lutut
Sport

Olahraga untuk Cedera Lutut

by Hagi
Thu, 08-Feb-2018

Commuters pernah mengalami cedera lutut? Tentu rasanya sangat tidak mengenakkan ya. Gerak jadi agak terbatas. Sendi lutut adalah kombinasi dari ligamen, tendon, tulang, dan tulang rawan. Karena kompleks, cedera bisa saja terjadi.

Tapi kondisi ini tak boleh menyurutkan kebiasaan berolahraga. Berikut ini adalah olahraga low impact yang cocok untuk penderita cedera lutut. Ingat ya, sebelum melakukan olahraga di bawah ini, konsultasi dulu tentang kondisi lututmu ke dokter ya.

1. Renang

foto theodysseyonline.com

Adalah salah satu aktivitas aerobik terbaik yang low impact, menjadikannya pilihan tepat bagi penderita cedera lutut. Manfaat utama renang meliputi peningkatan kebugaran, penurunan stres, dan memiliki kualitas terapeutik bagi yang baru pulih dari kecelakaan.

2. Yoga

foto physiologicnyc.com

Berkonsentrasi pada fleksibilitas dan meditasi pikiran. Olahraga ini sangat bagus untuk orang yang mengalami nyeri sendi. Mempraktikkan yoga secara teratur akan meningkatkan fleksibilitas, mengurangi stres, dan mencegah kekakuan tubuh secara keseluruhan.

3. Berjalan

foto eatthis.com

Adalah salah satu cara terbaik untuk aktif setelah mengalami cedera lutut. Saat berjalan, tekanan pada lutut jauh lebih sedikit daripada ketika berlari, yang menjadikannya sebagai latihan ideal pasca cedera lutut.

4. Golf

foto leprovencalgolf.com

Saat bermain golf, kita biasa berjalan jauh yang merupakan latihan yang bagus untuk lutut setelah mengalami cedera. Sebelum bermain golf, pastikan untuk pemanasan secara menyeluruh dan hindari memutar lutut saat kaki Anda bertumpu di tanah.

5. Bowling