}
Mengenal Parkour Lebih Dekat
Sport

Mengenal Parkour Lebih Dekat

by Intern 2
Thu, 22-Feb-2018

Pernahkah Commuters melihat adegan di film-film laga ketika para aktor dan aktrisnya menampilkan adegan melompati gedung atau melewati rintangan dengan mudah? Apa yang Commuters duga ketika menyaksikan adegan film tersebut? Mungkin kalian mengira, itu editan belaka atau tipuan kamera saja. Boleh jadi dugaan kalian ada benarnya. Tapi apakah Commuters percaya, ternyata ada orang yang bisa melakukan gerakan seberani itu? Ada lho, orang-orang yang berani melakukan gerakan ekstrem di film-film laga itu.

Gerakan-gerakan tersebut dikenal dengan nama parkour. Apa sih parkour itu? Parkour adalah metode untuk melatih orang agar bisa melewati segala rintangan dengan menggunakan kemampuan natural manusia. Dengan kata lain, parkour juga bisa diartikan sebagai gerakan untuk berpindah dari poin A ke poin B dengan seefisien dan secepat mungkin menggunakan kemampuan dari tubuh manusia itu sendiri.

Orang-orang yang menekuni gerakan parkour biasa disebut 'traceurs' untuk laki-laki dan 'traceuses' untuk perempuan. Gerakan-gerakan mereka biasanya berlari secepat mungkin di jalanan kota, melompat, berguling, bergerak secepat mungkin, memanjat bangunan, serta melewati dan mengatasi rintangan dengan cepat.

Sedikit sejarah tentang parkour. Asal katanya adalah “Parcours Du Combatant” yang berarti pelatihan halang rintang untuk militer. Metode itulah yang akhirnya dipakai para tentara Prancis pada Perang Vietnam. Salah satu yang mendalami latihan itu adalah Raymond Belle. Dia adalah ayah dari David Belle, orang Prancis dan berjasa  mengenalkan parkour ke seluruh dunia. Jadi, sebenarnya parkour memang berasal dari Prancis yang diambil dari metode latihan militer Prancis lalu diperkenalkan ke seluruh dunia oleh David Belle, yang sampai sekarang dikenal dengan "Bapak Parkour Dunia".

Apa aka sih manfaat parkour bagi tubuh kita? Gerakan ini bagus untuk kesehatan fisik, lalu untuk meningkatkan kemampuan mental, dan pastinya untuk bersosialisasi bersama pencinta parkour. Setelah mengetahui tentang manfaat parkour, sekarang kita harus tau apa sih yang harus dibutuhkan saat parkour? Untuk memulai parkour, kita tidak perlu modal banyak. Kita hanya memerlukan sepasang sepatu yang bisa menunjang latihan kita, fisik yang bugar untuk berlatih, serta mental yang kuat. Kita harus memahami konsep awal parkour, seperti cara berlari yang baik, cara melompat dan mendarat yang baik, serta cara  tidak takut untuk gagal.

Parkour juga dikenal dengan nama free running. Perlu diketahui juga, parkour ternyata tidak pernah mengenal kompetisi atau kejuaraan. Menurut para praktisi-praktisi parkour,  kompetisi tidak sesuai dengan filosofi dan nilai moral dari parkour, yang mengutamakan kebebasan. Kompetisi hanya akan mendorong seseorang untuk mengalahkan orang lain, yang disaksikan penonton atau hanya akan menambah keuntungan oleh beberapa pihak yang hanya mengambil keuntungan dari parkour.

Nah begitulah Commuters, pembahasan tentang parkour. Gimana Commuters? Apakah berminat untuk belajar parkour? [][teks @ga_angga | foto mpora.com]