}
"Spiderwoman" Asal Indonesia
Sport

"Spiderwoman" Asal Indonesia

by Andiska
Wed, 16-May-2018

Keberhasilan mengibarkan Merah Putih pertama kalinya di level tertinggi olahraga Panjat Tebing pastinya buat Indonesia sangat bangga. Apalagi namanya kini melejit di media sosial dengan julukan "Spiderwoman Indonesia". Seorang gadis sederhana dari pelosok Grobogan, Jawa Tengah ini bernama Aries Susanti Rahayu.

Aries berhasil menaklukkan Kejuaraan Dunia Panjat Tebing IFSC World Cup 2018 di China dengan mencetak waktu tercepat saat babak kualifikasi Speed Climbing. Ia juga mengalahkan lawan-lawan tangguh dari Prancis, Kanada, Jepang, dan berbagai negara lain di babak-babak berikutnya. 

Indonesia sempat dipandang sebelah mata karena masih terbilang pendatang baru di dunia panjat tebing. Namun, hal itu tak membuat Aries pantah semangat.  langsung menggebrak lewat performa Aries. Dengan mencatat waktu tercepat di babak kualifikasi Speed Climbing.

Performanya terus meningkat dan berhasil mencapai puncak setinggi 50 ft dengan catatan waktu 7.51 detik. Sedangkan, lawan duelnya Elena Timofeeva yang mengantongi peringkat 3 kejuaraan dunia sebelumnya di Moscow harus puas dengan catatan waktu 9.01 detik. 

Perempuan berhijab asal Grobogan berusia 23 tahun itu berhasil memperoleh pujian dari banyak warganet sejak video kemenangannya viral di media sosial. Kece abis deh pokoknya.. Aries juga pernah ikut beberapa kejuaraan, antara lain:

1# Asian Continental Championship 2017 di Teheran

2# IranIFSC Climbing Worldcup 2017 di Wujian, China

3# IFSC Climbing Worldcup 2017 di Xiamen, China

4# IFSC Climbing Worldcup 2018 di Moskow, Rusia

5# IFSC Climbing Worldcup 2018 di Chongqing, China.

Setelah mengikuti 5 kejuaraan tersebut, IFSC mencatat Aries Susanti kini menempati peringkat ke-5 dunia setelah sebelumnya ada di peringkat ke-13. [][teks @andiskaraf/berbagai sumber | foto @humasjateng]