}
5 Fakta Piala Dunia Patut Diketahui
Sport

5 Fakta Piala Dunia Patut Diketahui

by Intern 2
Tue, 26-Jun-2018

Piala Dunia FIFA [FIFA World Cup], kompetisi sepakbola internasional yang diikuti tim nasional putra senior anggota FIFA [Fédération Internationale de Football Association] merupakan kompetisi yang paling dinantikan para penggemar sepakbola.

Turnamen sepakbola ini, selain semarak dan antusias pecinta sepakbola yang turut memeriahkan, patut juga mengenal dan mengetahui fakta tentang pertandingan sepakbola terbesar seantero dunia ini.

Berikut ini LINIKINI ulas beberapa fakta tentang Piala Dunia FIFA.

1. Digelar empat tahun sekali

Kejuaraan ini diselenggarakan 4 tahun sekali sejak turnamen 1930. Sedangkan, tahun 1942 dan 1946 tidak diselenggarakan karena Perang Dunia II.

2. Ada tahap kualifikasi

Yap. Pasti suka bingung kan, kenapa yang grup sepakbola yang bermain hanya beberapa negara dan ada negara lainnya yang tidak bermain.

Format turnamen yang diikuti 32 tim yang bersaing memperebutkan gelar juara, sebelumnya beberapa tim ini terlebih dahulu mengikuti tahap kualifikasi, yaitu tahapan yang digelar untuk menentukan tim mana yang akan lolos ke turnamen.

Tahap ini dilakukan dalam waktu 3 tahun menjelang Piala Dunia.

3. Jules Rimet, penggagas Piala Dunia FIFA

Kalau nama pemain bola top, kipper top, pelatih top pasti banyak yang kenal dan hapal ya. Tapi, apakah ada yang tahu nama Jules Rimet?

Jules Rimet adalah seorang administrator sepakbola berkebangsaan Prancis yang menjadi Presiden ke-3 FIFA, masa bakti 1921 hingga 1954.

Presiden FIFA terlama yang menjabat yakni selama 33 tahun ini dilahirkan di Theuley, 14 Oktober 1983.

Ia juga menjabat sebagai presiden Federasi Sepakbola Prancis dari tahun 1919 hingga 1946. Atas inisiatifnya, Piala Dunia FIFA diselenggarakan untuk pertama kalinya dalam tahun 1930.

Piala Jules Rimet diberi nama Jules Rimet sebagai penghormatan baginya. Ia juga mendirikan salah satu tim Prancis tertua, Red Star Saint-Ouen.

Rimet meninggal di Suresnes, Prancis tahun 1956, dua hari setelah ulangtahunnya yang ke-83. Pada tahun 2003 ia dianugerahi sebagai anggota kehormatan FIFA.

4. Uruguay tuan rumah pertama

FIFA menetapkan Uruguay menjadi tuan rumah pertama pada turnamen Piala Dunia 1930 karena Uruguay adalah pemegang dua kali gelar kejuaraan sepakbola dunia pada saat itu sekaligus dalam rangka memperingati seratus tahun kemerdekaan mereka pada tahun 1930.

5. Piala Dunia Qatar 2022

Piala Dunia 2018 resmi diselenggarakan di Rusia pada 14 Juni hingga 15 Juli 2018. Piala Dunia memang menjadi salah satu pesta sepakbola terbesar di dunia yang paling dinantikan.

FIFA menetapkan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, meskipun dikabarkan FIFA kembali mempertimbangkan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 dan Qatar terancam batal menjadi tuan rumah.

Dilansir dari Saudi Gazette, pertimbangan FIFA menyusul isu pembelian suara dan skandal terkait terpilihnya Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia. Ada bukti terkait negara teluk tersebut telah membeli suara.

Keputusan ini akan kembali diumumkan pada FIFA musim panas mendatang.  

Nah, Commuters sekarang sudah tahu kan beberapa fakta tentang Piala Dunia FIFA [FIFA World Cup], turnamen sepakbola internasional yang mengalahkan olimpiade.

Selamat berpesta sepakbola! [][teks @yolabonnita/wikipedia.org, Idntimes.com, msn.com | foto fourfourtwo.com, digitalmarketasia.com]