}
Pecatur Cilik Berprestasi Samantha Edithso
Sport

Pecatur Cilik Berprestasi Samantha Edithso

by Intern 2
Tue, 24-Jul-2018

Indonesia kini berbangga, saat ini bertambah lagi juara-juara dunia yang membanggakan.

Setelah Lalu Muhammad Zohri, kini ada pecatur cilik yang sukses membanggakan dan mengharumkan nama bangsa Indonesia, yakni Samantha Edithso, berusia 10 tahun dan saat ini masih duduk di kelas 3 SD Santa Ursula.

Kementerian Pemuda dan Olahraga [Menpora], Imam Nahrawi memberikan apresiasi berupa uang pembinaan kepada atlet yang berhasil meraih prestasi dan mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah dunia.

Para atlet yang berprestasi itu di antaranya, Fauzan Noor [atlet karate] dan Samantha Edithso [pecatur muda].

Pecatur Muda Samantha Edithso berhasil meraih prestasi terbaik pada ajang FIDE World Championship U-10 yang berlangsung di Minsk, Belarus, Rusia, Juli 2018.

FIDE World Championship merupakan kejuaraan atau kompetisi catur dunia yang diadakan setiap tahun oleh organisasi catur internasional FIDE untuk menentukan juara dunia catur.

Pecatur muda berprestasi ini pun mendapatkan apresiasi uang pembinaan sebesar Rp 40 juta.

Diketahui, prestasi ini bukanlah capaian pertama yang pernah diukir Samantha, sebelumnya ia telah meraih medali emas catur kilat dalam ajang Kejuaraan Catur Antar-Pelajar Asia ke-13 di Panjin, Provinsi Liaoning, Tiongkok pada 2017.

Berawal dari kewajiban mengikuti tiga ekstrakurikuler di sekolah, di antaranya paduan suara, menggambar, dan catur, kemudian mengikuti private catur selama dua bulan, setelah itu ia mengikuti kejuaraan nasional dan mendapat juara satu, dari situlah prestasi Samantha mulai bersinar.

Melalui kemenangannya Samantha Edithso sekaligus memperingati Hari Anak Nasional [23 Juli] membuktikan bahwa di umur yang sangat muda, ia mampu berprestasi bahkan membawa harum nama bangsa di kancah dunia.

Mental bertanding dan semangat yang luar biasa, hendaknya menjadi contoh dan dapat menginspirasi bagi anak bangsa lainnya untuk tetap semangat dan memberikan yang terbaik.

Usai menjuarai ajang FIDE World Championship 2018, ia masih terus mengejar mimpinya, yakni menjadi Grandmaster termuda di dunia.

Selamat dan tetap semangat Samantha, para anak-anak bangsa lainnya juga harus semangat juga yuk untuk berprestasi dan mengharumkan nama bangsa Indonesia. [][teks @yolabonnita | foto GNFI, Basagita]