Inilah Latihan Dasar Muaythai
Sport

Inilah Latihan Dasar Muaythai

by Yogira
Tue, 09-Jun-2015

Kamu tau nggak Muaythai? Olahraga ini semakin ngetop lho di Indonesia.  
Beladiri asal Thailand ini banyak diminati orang-orang yang tinggal  di kota besar seperti Jakarta. Kamu yang berbekal ilmu Muaythai setidaknya bisa menjaga dirinya dari tindak kekerasan dan kejahatan. Lantas, apa saja yang harus kamui ketahui kalo memang pengen belajar Muaythai? Inilah latihan dasarnya.

Persiapan Dasar

Sebelum kamu terjun menjadi atlet Muaythai, kamu harus siap  mental, stamina, teknik, dan taktik.

Kostum bagi Pemula

Handwrap
Glove/sarung tinju
Celana

Durasi Latihan

Waktu latihan bagi pemula sebaiknya 2 x dalam seminggu maksimal 4 kali dalam seminggu, dengan durasi 1 kali latihan minimal 1 setengah jam.

Latihan Fisik

Stretching [untuk pelenturan otot-otot]
Skipping atau lari [untuk pembakaran lemak]
Pukul sandsack [memukul sarung target pukulan]
Belajar Menendang [kicking]
Training dengan Focus Mitts [belajar memukul pad/bantalan sebagai target pukulan]

Teknik Dasar

Footwalk [gerak langkah maju mundur, kiri-kanan]
Pukulan Jab [pukulan lurus ke depan, pembuka pukulan straight]
Pukulan Straight [pukulan lurus ke arah wajah]
Pukulan Hook [pukulan seperti mengkait, biasanya bergerak dari samping]
Pukulan Upper Cut [pukulan pendek yang dilontarkan dari bawah]

Kuda-kuda

Tips melatih kuda-kuda yang terbaik dan yang paling efektif  adalah latihan maju mundur, putar kanan, putar kiri, dan ditunjang main squach untuk melatih otot paha supaya kuat agar saat dipukul tidak goyang dan tidak gampang jatuh.

Latihan Gerakan

Hook
Hook yang tidak sempurna yaitu sikut Si atlet tidak naik dan agak miring. Jika salah, hook ini akan menjadi seperti upper cut. Untuk menciptakan pukulan yang kuat dengan hook, selain dengan menitikberatkan kekuatan tangan sendiri, harus ditunjang juga  kekuatan pinggang.

Block
Gerakan ini berfungsi untuk mengantisipasi serangan lawan seperti serangan dengan tendangan [kick atau  middle kick], yang biasanya diarahkan ke bagian rusuk. Selain rusuk yang paling dilindungi dengan Block adalah rahang. Untuk menciptakan block yang kuat salah satunya bisa dengan latihan squach. Jenis blok ini ada beberapa gerakan, yakni block ini, block out, block dengan tangan dan block dengan kaki.

Push Kick
Push kick adalah serangan langsung dengan kaki. Targetnya cukup banyak, seperti: wajah, uluhati, paha, lutut, tempurung kaki, betis, engkel dan lain-lain. Target yang paling mudah ditembus adalah bagian uluhati.

Middle Kick
Adalah tendangan dengan sasaran ke bagian tengah badan. Sasaran utamanya adalah perut, uluhati, dan paha.  

Low Kick
Low Kick adalah tendangan kaki pada target yang rendah. Sasarannya adalah engkel pada lutut. Serangannya bisa dilakukan dari samping seperti halnya middle kick.

High Kick
Gerakan serangan kaki lebih ke atas. Sasarannya adalah rahang. High Kick adalah gerakan yang paling sulit dipelajari. Sangat diperlukan kelenturannya agar jangkauan tendangannya tinggi.

Nah, kamu bisa mempelajari dasar-dasar Muaythai barusan di rumah. Bagusnya sih lihat tutorial juga di youtube. Ya, paling afdol sih, kamu gabung aja dengan sasana Muaythai, yang kini sudah ada di beberapa kota. [][teks @firza/berbagai sumber | foto simandan.com/ muayfarang.com]