Olahraga di Bulan Puasa
Sport

Olahraga di Bulan Puasa

by Pohan
Mon, 29-Jun-2015

Penurunan metabolisme tubuh terjadi secara alami ketika seseorang berpuasa karena asupan energi [nutrisi dari makanan dan minuman] yang terbatas. Olahraga baik untuk kesehatan, dan tetap boleh dilakukan di bulan Puasa dengan syarat tertentu.

» Olahraga sesuai dengan kemampuan saat kita sedang berpuasa. Pilih jenis olahraga yang memiliki intensitas rendah sampai sedang. Contohnya:

  • Berjalan kaki/jalan cepat
  • Jogging santai
  • Bersepeda [jalur tidak menanjak]
  • Kegiatan membersihkan rumah
  • Gerakan peregangan tubuh
  • Senam ringan
  • Yoga

» Olahraga pagi setelah sahur sekitar 2-3 jam setelah kita menutup santapan. Jenis olahraganya tergantung asupan apa yang kita santap supaya tidak kekurangan energi terlalu dini. Contohnya, jalan atau bersepeda santai sekitar 30 menit.

» Manfaatkan ngabuburit dengan berolahraga. Normalnya olahraga sore dilakukan 2 jam sebelum berbuka, artinya olahraga tidak lebih dari dua jam. Disarankan 45-90 menit. Contohnya, main futsal, bulu tangkis, voli, atau bagi yang gemar nge-gym perhatikan variabel latihan seperti volume, set, dan repetisi yang diadaptasikan kepada kondisi perubahan fisiologi selama berpuasa.

» Olahraga setelah berbuka puasa disarankan paling cepat dilakukan 90 menit setelah kita menyantap makan/minum. Hal ini untuk mengurangi risiko kerusakan pada jaringan otot karena otot belum siap sepenuhnya diberikan beban. Jenis olahraganya bisa angkat beban, cardio, maupun olahraga permainan.

» Waktu terbaik untuk melakukan olahraga berlari ataupun cardio [di atas treadmill] adalah sebelum sahur. Hasil dari penelitian ilmiah, olahraga pada waktu ini bisa menghilangkan lemak secara maksimal. Tapi tidak mungkin bangun tidur langsung olahraga. Mulai dengan minum banyak air dengan secangkir kopi atau teh hijau, setelah 30 menit baru lakukan olahraga yang dianjurkan selama 30-45 menit dengan intensitas sedang. [][teks @pohanpow/panditfootball.com | foto hdwallpapersrocks.com, wearandcheer.com]