Buku Rock Memberontak Beredar
Stuff

Buku Rock Memberontak Beredar

by Pandu
Tue, 01-Dec-2015

Eko Wustuk tak bisa menyembunyikan rasa senangnya ketika karya buku ketiga, Rock Memberontak rilis di Paviliun 28, Jakarta, Sabtu [28/11]. Bahkan jika rambut ikal gondrongnya dipakai untuk menutupi muka, senyum girang tetap tampak.

Buku yang digarap tak lebih dari setahun ini memuat isi kepala Che Cupumanik dan Robi Navicula. Mulai dari cara mereka berdua menulis lagu, asal sumber ide, beberapa sumber referensi tema dan bunyi, proses produksi lagu mulai dari sket sampai jadi sebuah album, plus penjelasan khusus mengenai lagu “Grunge Harga Mati” dan “Busur Hujan”. Semua terangkum dalam buku setebal 120 halaman .

“Buku ini mojo-nya [ikatan-red] dapet banget. Gua memang kenal dengan Robi dan Che. Tapi kan yang lain belum. Seiring waktu, mojo tadi bergulir dan jadilah buku Rock Memberontak,” ujar Eko Wustuk.

Saat pertama kali ide pembuatan buku ini diungkapkan, Che dan Robi langsung menyetujuinya. Che bilang, buku tentang grunge lokal ini akan membawa grunge ke level yang berbeda. Belum ada sebelumnya buku tentang Grunge lokal. Sementara metal dan rock sudah berjejer di rak musik di toko buku.

“Uang nggak jadi hambatan. Itu bisa dicari. Karena kita kerjanya bareng seniman, jadi ya tergantung dari mood base dan jadwal. Kayak Robi kemarin, dia jelang deadline baru kasih bahan. Jadi, dia yang terakhir naik,” terang Eko Wustuk.

Lain hal dengan Che Cupumanik yang lebih terorganisir seperti orang kantoran, kata Eko, ditambah jarak rumah yang relatif dekat, Bintaro-Permata Hijau. Makanya, pengumpulan bahan bisa cepat sampai untuk digarap.

Lewat situs wujudkan.com Eko menggalang dana publik agar ongkos cetak produksi buku bisa ditekan.

“Tidak mungkin menjual buku musik seharga 100 ribu. Kami ingin lebih terjangkau lagi harganya,” terang Gede Manggala saat sesi presentasi.

Rock Memberontak adalah buku ketiga Eko Wustuk dalam waktu satu setengah tahun. Ibarat pemain bola, maka Eko Wustuk adalah Jamie Vardy penyerang Leicester City yang sedang bergairah mencetak gol. [][teks & foto @HaabibOnta]