Inilah 5 Tipe Sepatu Gunung
Stuff

Inilah 5 Tipe Sepatu Gunung

by Pandu
Wed, 13-Apr-2016

Menurut tanggalan Masehi, 5-8 Mei 2016 adalah libur panjang. Empat hari, Sob! Sudah nentuin mau cabut ke mana? Kalau cuma di rumah, mubazir. Lagi musimnya naik gunung sih. Pasti dari beberapa teman ada yang coba 'racuni' pergi hiking.

Biar nggak ketinggalan obrolan di tongkrongan, coba aja. Dijamin pasti capek dan kedinginan. Buat naik gunung perlu beberapa gear khusus untuk pribadi atau kelompok. Nggak semuanya perlu punya sendiri. Misalnya, sepatu. Jangan pernah pakai sepatu kets buat hiking. Bahaya buat ankle [pergelangan kaki]. Karena harga sepatu gunung itu lumayan, jadi pinjem aja.

'Kan pecinta alam punya prinsip kebersamaan, baik di atas gunung maupun di bawah. Jadi ya, pinjem-pinjeman aja. Tapi ketahui juga medan macam apa yang akan kamu pijak. Pasalnya, hiking nggak melulu harus pakai boots yang berat.

1. Hiking Boots

Paling sering seliweran di gunung. Tipe ini emang bisa dipakai di segala medan. Terutama Gunung Indonesia yang treknya dari tanah atau batuan. Stabil dan aman dipakai.

Good Point: Bisa melindungi angkle saat kepleset. Bahannya kuat. Bagus saat hujan atau panas.

Bad Point: Berat. Mengurangi kecepatan mendaki.


2. Trail Running

Tipe ini cocoknya untuk tektok. Kalau ada acara bersih gunung, bolehlah pakai yang ini. Buat lomba marathon gunung juga bisa karena didesain untuk speed.

Good Point: Enteng dan fleksibel. Bisa dipakai untuk trail atau running.

Bad Point: Jarang yang tahan air. Kurang cocok kalau bawa beban berat.


3. Hiking Shoes

Bisa buat hiking atau backpacking. Lebih enteng dari boots tapi lebih kuat dari trail running. Sol-nya bisa meredam guncangan saat lari dan nggak kaku.

Good Point: kombinasi antara speed & durabilitas. Cocok untuk pemula.

Bad point: Nggak melindungi ankle kaki.


4. Approach Shoes

Kalau beli sepatu tipe ini buat naik gunung, salah besar. Mending balikin lagi aja ke toko karena tipe ini bagusnya buat panjat tebing. Hal yang jauh beda dengan hiking.

Good Point: Enteng, lentur dan empuk sol-nya.

Bad Point: Kalau dipakai buat hiking dijamin telapak kaki kamu sakit karena sol sepatu tipe ini bukan untuk meredam pijakan kaki dan batu.


5. Snow Hiking Boots

Sudah jelas dari namanya bahwa jenis ini cocoknya buat daerah bersalju. Kalau mau dipakai ke puncak Cartenz sih, cakep. Tapi kalau buat ke Gede Pangrango, namanya lebay.

Good Point: Hangat, kuat dan anti air. Melindungi ankle juga tidak gampang selip.

Bad Point: Berat dan kaku.

Nah 'kan sudah ketahuan nih 5 tipe sepatu gunung. Jadi jangan sampai salah pilih ya untuk pendakian bulan Mei saat libur panjang! [][teks @HaabibOnta | foto backcountry]