Model Carabiner untuk Climbing
Stuff

Model Carabiner untuk Climbing

by Pandu
Thu, 11-Aug-2016

Ada banyak bentuk carabiners di pasaran. Produsen berlomba bikin yang paling beda dan menarik supaya bisa meningkatkan penjualan. Sudah begitu, giliran para climbers yang bingung beli yang mana.

Semua bagus, semua kuat, semua enteng, semuanya mau! Tapi dompet bisa kempes jadinya.

Begini, beli seperlunya aja dan yang paling cocok untuk climbing. Daripada cuma atas dasar keren tapi pas dipake nggak asoy, kan sayang. Ada empat tipe carabiner yang bisa dipilih, sesuai selera dan kebutuhan. Sikat!

#1. Anti-Cross

Badai nggak tuh? Ada dua ruang plus dua penghalang. Satu model untir dan flip. Urusan ke manan sih gak usah ditanya. Didesain supaya tali nggak selip ke mana-mana. Model anti-cros biasanya seberat 70g-90g.

#2. Flip Gate

Tinggal flip! Ini model paling tenar sih karena simpel dipakainya. Tapi sudah banyak dimodifikasi juga jadi flip dalam dan luar seperti pada foto di atas. Dengan dua gate, otomatis jadi lebih tangguh dan kuat. Beratnya antara 40-90g.

#3. Auto Locking

Hampir mirip flip gate, tapi model ini otomatis mengunci dan lebih mudah dioperasikan dengan satu tangan karena ada magnet yang menarik gate ke pin. Buat yang males ribet, asyik sih pakai model ini. Beratnya antara 50-80g.

#4. Mix Innovation

Perpaduan dari dua model jadi satu. Jadinya makin melindungi tali dari gesekan ke batu. Mengurangi selip dan pastinya lebih ribet pas dipakai. Soal ketahanan sih sudah pasti ajib! Berat kisaran di 70-95g. Lumayan. [][teks @HaabibOnta/berbagai sumber  | foto berbagai sumber]