6 Tipe Fins untuk Menyelam
Stuff

6 Tipe Fins untuk Menyelam

by Pandu
Wed, 24-May-2017

Kita percaya bahwa Indonesia negeri yang kaya, gemah ripah loh jinawi. Dari beragam segi. Baik dilihat dari atas ketinggian maupun kedalaman. Lansekap bumi pertiwi selalu mempesona. Dan masih banyak lagi yang belum dijelajah.

Banyak banget spot yang asyik untuk diselami. Karena Indonesia kan negara kepulauan. Cobain yuk menjelajah, lihat terumbu karang yang cantik. Tapi pasti kan perlu peralatan, biar nggak bingung ini kami beri referensi.

Bagi Commuters yang sedang cari fins yang pas untuk kaki dan kebutuhan. Jangan sewa melulu di spot, mahal euy.

1. Full Fins

Model ini melindungi dari ujung jari hingga tumit. Tapi ingat tidak boleh terlalu sempit karena ganggu sirkulasi darah. Bila longgar sekali juga berisiko selip dan jatuh. Jadi pilih yang sesuai saja yaa.

2. Open Heel

Bedanya, fin ini tidak menutupi tumit. Sekadar strap yang mengikat seperti sandal gunung. Jadi kaki lebih leluasa saat berenang. Serta bisa diatur ketat tidaknya fins.

3. Long Fins

Bisa jadi kombinas antara open atau heel di bagian tumit. Yang pasti bagian sirip lebih panjang daripada yang lain. Kalau dipakai jadi mirip sirip putri duyung yang meliuk.

4. Split Fins

Sirip bagian bawahnya terbelah. Dibilang kalau model ini memudahkan gerak penyelam. Tapi beberapa profesional menyangkalnya. Karena model ini lemah jika dipakai di arus yang kuat.

5. Blade Fins

Modifikasi ada di bagian sirip yang membentuk V. Di tepinya juga terdapat lekukan supaya lebih lentur saat mengayuh. Model ini dipercaya menambah daya pegas penyelam lho.

6. Force Fins

Dibuat untuk mengurangi turbulensi dan menguatkan kayuhan kaki. Desainnya unik seperti kaki katak. Kaki juga tidak tertutupi penuh, hanya strap yang menempel. Jadinya simple. [][teks @haabib_onta | foto leisurepro.com]