}
10 Tips Tolak Insomnia
Tips

10 Tips Tolak Insomnia

by Yogira
Fri, 09-Oct-2015

Tidur malam yang enak dambaan setiap orang, kecuali terpaksa meronda atau kebagian piket satpam.

Sayang, tidak semua orang bisa tidur malam yang panjang. Insomnia adalah salah satu penyebabnya. Yang terkena insomnia bisa menderita. Fisik bisa lemah letih dan hati pun merintih.

Nah, bagi Anda yang terkena gejala insomnia, 10 tips ini semoga bisa membantu menolak penyakit susah tidur itu.

1. Buatlah tempat tidurmu jadi tempat rapi dan menarik. Jadikan kamarmu bebas dari gangguan. Pastikan kasurnya sesuai dengan bantalan tulang dan lekukan badan.

2. Gunakan kamar tidur memang untuk tidur atau seks pasangan suami istri. Hindari dipakai untuk nonton teve, makan, atau kerja. Bolehlah untuk baca buku, asalkan sedikit waktu.

3. Ketika kamu nggak bisa tidur di kamar, pindahlah ke ruang lain yang membuat tidak terjaga. Jika begitu, bayangkan bahwa kamar tidur lah yang paling tepat untuk tidur nyenyak.

4. Biasakan gunakan siklus tidur-bangun secara teratur agar tubuh bisa belajar mengatur kondisinya  sesuai jadwal. Misalnya, bangun pada jam yang sama setiap pagi.

5. Kalau memang kamu insomnia, jangan tergoda sedikit pun tidur siang karena itu akan merusak jadwal tidurmu yang sudah teratur.

6. Batasi konsumsi minuman berkafein pada sore dan malam. Selain kopi, coklat, kakao, dan cola mengandung kafein juga yang bisa membuatmu jadi susah tidur.

7. Perhatikan asupan alkohol. Hindari menenggak minuman beralkohol beberapa jam menjelang tidur.

8. Tubuhmu akan enak kalau sorenya bugar dengan olahraga. Tapi jangan berolahraga berat tepat sebelum tidur. Itu justru jadi bahaya. Badan akan pegal-pegal.

9. Santaplah makanan ringan pada malam hari. Jangan makanan berat karena itu hanya menganggu pencernaan dalam perut dan bisa mengganggu tidurmu.

10. Biasakan berpikir santai, membebaskan pikiran-pikiran berat dengan cara tarik nafas, bisa sambil yoga, baca buku ringan, dan mendengarkan musik slow. [][teks @firza/medicinenet.com | foto huffingtonpost.ca, telegraph.co.uk]