}
Tips Keuangan dari Orang Kaya & Terkenal
Tips

Tips Keuangan dari Orang Kaya & Terkenal

by Yogira
Tue, 20-Oct-2015

Kamu pengin sukses jadi orang kaya? Pelajari saja dari keempat konglomerat kelas berat ini, yakni: Warren Buffet, Bill Gates, Sir Richard Branson, dan Tan Sri Syed Mokhtar Albukhary.

Mereka menjadi orang kaya, tentu tak semudah membalik tangan. Masing-masing punya rahasianya dalam mengelola keuangan.

Kita bisa mengambil pelajaran dari filosofi hidup mereka, melalui nasihat-nasihatnya, seperti pada ulasan singkat berikut ini:


1. Warren Buffet

Konglomerat Amerika ini salah satu guru investasi paling terkenal di dunia. Tercatat kekayaannya sekarang sekitar $71,5 miliar.

Dia mulai berinvestasi sejak usia 11 tahun dengan membeli 6 saham Cities Service. Berikut kutipan terkenal dari dia

Jangan pernah bergantung pada pendapatan tunggal. Buatlah investasi dengan menciptakan sumber kedua.” [dalam soal penghasilan]

"Jika kamu membeli hal-hal yang nggak perlu, segeralah kamu menjual hal-hal yang kamu butuhkan." [dalam urusan belanja]

"Jangan menyimpan uang yang tersisa  sisa belanja, tapi habiskan uang yang tersisa setelah menabung." [dalam urusan menabung]
 

2. Bill Gates

Siapa tak kenal orang terkaya sedunia pendiri Microsoft ini. Kekayaannya kini sekitar $78,8 milliar. Meskipun putus sekolah, kecintaan Gates pada teknologi membuahkan hasil maksimal.

Berikut adalah kutipan dia yang terkenal. Jika kamu terlahir miskin, itu bukan kesalahanmu. Tapi, jika kamu mati dalam keadaan miskin, itu adalah kesalahanmu.”

Menurut  dia, jangan menyalahkan siapapun kalau kita hidup terpuruk. Sebab sukses atau tidaknya manusia lebih banyak tergantung pada kerja kerasnya.

3. Sir Richard Branson

Pendiri Virgin Group ini punya lebuh 400 perusahaan. Kekayaanya kini berkisar sekitar $4,8 miliar. Padahal Branson terlahir sebagai anak disleksia dan akhirnya putus sekolah pada usia 16.

Berikut adalah kutipan dari dia. “Jangan merasa malu atas kesalahanmu. Belajar dari itu dan mulai lagi.”

4.Tan Sri Syed Mokhtar Albukhary

Dia termasuk salah satu orang terkaya di Malaysia dengan kekayaan sekitar $2,8 miliar. Bisnisnya banyak sekali, meliputi transportasi, retail, minyak, dll.  

“Pendidikan tak menjamin keberhasilan dalam hidup. Yang menentukan adalah kerja keras!” Demikian kutipan dari dia.

Jadi, pelajaran moral apa yang bisa dipetik dari 4 orang kaya kelap kakap itu? Tentu saja jawabannya tidak langsung seperti ‘pil ajaib’ yang membuatmu mendadak kaya.

Setelah disimpulkan dari kisah sukses mereka, ada 5 poin agar orang sukses secara finansial, yaitu: kerja keras, terus berusaha, hemat, membeli hanya yang dibutuhkan, dan punya banyak sumber pendapatan.

Nah, kamu bisa memulainya dari sekarang. Semoga kamu bisa mengatur keuanganmu hingga menjadi seorang yang kaya raya.[][teks @firza/ringgitplus.com | foto ringgitplus.com, dumblittleman.com]