}
Seandainya Saya Dipecat..
Tips

Seandainya Saya Dipecat..

by Pohan
Tue, 20-Oct-2015

Bayangkan, tiba-tiba kamu dipecat dari perusahaan. Udah pasti rasanya nyesek banget. Emang gampang cari kerja?

Kalau bener kejadian kamu dipecat, nggak perlu sedih apalagi putus asa. Yang pasti, selalu ada kesempatan untuk memperbaiki kesalahan. Ingat, dipecat bukan akhir dari perjalanan kariermu. 

1. Jika belum terlambat, coba minta kesempatan sama perusahaan untuk memperbaiki kesalahan. Tanyakan alasan dan masalahnya. Dengan mengklarifikasi permasalahan yang ada, semoga bisa menyelamatkan pekerjaanmu.

2. Istirahat sejenak dari dunia kerja. Setelah dipecat, jangan langsung mencari pekerjaan baru. Coba merenung dan perbaiki kesalahan yang ada agar tidak terulang lagi. Berdamailah dengan yang sudah terjadi.

3. Pahami betul alasan kamu dipecat. Mungkin saja pekerjaan yang kamu jalani selama ini bukan passion kamu yang sebenarnya. Semua orang pernah gagal, jangan pernah menyalahkan orang lain tentang pemecatan.

4. Segera pelajari kesalahan yang pernah kamu perbuat. Minta bantuan orang di sekitar [teman kerja] untuk mengoreksi diri, hal-hal yang baik dan buruk yang pernah kamu lakukan selama bekerja agar tahu langkah berikutnya.

5. Jangan punya prinsip “yang penting kerja”. Temukan pekerjaan yang tepat, sesuai dengan passion. Mulai berpikir tentang pekerjaan yang sebenarnya cocok, dan yang paling penting jujur pada diri sendiri. [][teks @pohanpow/berbagai sumber | foto behappytips.com, localwork.com]