}
Cara Menghadapi Bullying
Tips

Cara Menghadapi Bullying

by Yogira
Thu, 22-Oct-2015

Kamu termasuk orang yang sering kena bully? Jangan kuatir. Menghadapi bullying, urusannya cuma karena mental. Nah, mental kamu lah, yang bisa jadi penahan gangguan si pem-bully. Parahnya, kasus-kasus bullying kebanyakan terjadi di sekolah dan korbannya adalah siswa di sekolah itu sendiri.

Orang yang bermental kuat, pasti memanfaatkan akal dan pengetahuannya agar terlepas dari gangguan. Demikian juga seandainya kamu diganggu orang,

Berikut adalah tips terhindar dari bully. Semoga bisa membantu.

1. Tetap tenang sepanjang waktu. Cara ini bisa menggagalkan si pem-buly karena merasa heran bahwa reaksi kamu seperti merasa tak terganggu sedikitpun.

2. Berpikir dan bertindak keras agar si pem-bully merasa tidak bahagia. Bikin mereka takut pada sesuatu, misalnya dijauhi teman-temannya. Buktikan bahwa kamu lebih baik dari mereka.

3. Jika sekolahmu tidak bertindak atas laporan adanya bullying, coba deh libatkan orangtua agar kamu mendapat hak privasi di sekolah hingga suatu saat sekolah mengucilkan pelaku bullying.

4. Jika pengganggumu beraksi di dunia cyber, kamu bisa ambil gambar atau data pelecehan sebagai bukti bahwa ada yang mengancam kamu. Lalu laporkan mereka pada pihak berwajib.

5. Jika si pem-bully cuma mengatakan sesuatu mengenai kamu, abaikan saja mereka karena kamu lebih tahu mereka tidak penting dalam hidupmu.

6. Kamu mungkin kuatir bahwa pem-bully akan marah jika kamu akan mengadu pada seseorang. Tapi ini cara terbaik menghentikan gangguan mereka dalam waktu lama. 

7. Jangan masukkan ke hati ucapan atau olok-olok apapun dari si pem-bully. Kalau kamu sakit hati, apalagi nangis, malah itu bikin mereka senang. Kamu harus percaya diri aja menghadapinya.

8. Beberapa pem-bully mungkin cuma cemburu atas bakat dan prestasimu hingga mereka sering mengolok-ngolok kamu. Jadi, tantang aja mereka bersaing untuk menyamai prestasi atau bakatmu.

9. Saat ini, pihak sekolah jadi solusi efektif untuk mencegah bullying. Tapi tetap waspada karena pelaku bullying punya saksi palsu atas perbuatannya. Jadi, beritahu dulu orangtuamu sebelum melaporkannya ke sekolah.

10. Jangan pernah terus-menerus kamu 'menyingkir' dari gangguan mereka. Hadapi saja bahwa kamu tak gentar. Kalau kamu dalam keadaan terdesak, minta bantuan saja teman-temanmu atau pihak sekolah. [][teks @firza | sumber wikihow.com | foto nhptv.org, saboteur365.wordpress.com]