}
Tips Motret dengan Smartphone
Tips

Tips Motret dengan Smartphone

by Pohan
Wed, 11-Nov-2015

Kamera smartphone memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing. Sebaiknya, kamu memanfaatkan keterbatasan itu untuk tetap bisa menghasilkan foto yang baik.

1. Memotret dari Jarak Dekat

Banyak kamera smartphone terutama iPhone yang hasilnya keliatan bagus kalau kamu mengambil objek gambar dari jarak dekat. Pasalnya, sensor kecilnya menyediakan kedalaman gambar yang relatif luas.

2. Crop, Jangan Zoom

Banyak kamera smartphone yang menawarkan fungsi zoom digital. Namun, saat memanfaatkan fasilitas itu, kamu akan melihat sendiri hasilnya kurang memuaskan. Sebaiknya manfaatkan aplikasi fotografi untuk crop foto tersebut.

3. Edit, Jangan Gunakan Filter

Bila ingin hasil foto kamu menjadi unik [beda], edit secara manual. Banyak aplikasi yang menawarkan kemudahan dalam mempercantik foto, misalnya aplikasi SnapSeed, Photoshop Express, atau iPhoto.

4. Jangan Menambah Efek Blur Palsu

Ketika kamu hanya ingin fokus pada satu objek saja, usahakan tidak mengedit foto dengan tambahan efek blur untuk menutupi objek lain di sekitarnya.

5. Pakai Aplikasi Kamera yang Bagus

Ini lebih berlaku untuk pengguna iPhone daripada pengguna Android. Tujuannya, memberikan kamu lebih banyak kendali untuk mengatur foto langsung dari aplikasi tersebut.

6. Usahakan Tak Pakai Flash

Banyak smartphone yang flash-nya tidak mumpuni karena flash mereka seperti senter, terlalu terang dan temperatur warna yang diberikan aneh/tidak cocok. Maka, cari pencahayaan yang cukup untuk memotret.

7. Jaga Lensa Kamera Smartphone

Rajin bersihkan lensa kamera smartphone kamu dengan kain lembut. Ketika menaruh smartphone di saku celana, risiko lensa menjadi kotor. Ini bisa membuat hasil foto menjadi kabur.

8. Hati-hati terhadap Flare

Memberikan efek flare pada foto kini sedang tren. Tapi ini hanya akan terlihat bagus kalau kamu melakukannya secara natural karena lensa yang kecil sering membuat efek cahaya tidak seimbang.

9. Cetak Foto

Jangan membiarkan foto kamu bertengger di smartphone lama-lama. Cetak dan kamu akan mengetahui hasil sesungguhnya meski tidak semua kamera smartphone memiliki kualitas yang baik.

10. Jangan Mengabaikan Aturan Memotret

Pelajari komposisi yang seimbang dan pencahayaan yang ekspresif.


Well, sekarang, arahkan ponselmu, dan mulailah membuat foto yang keren. [][teks @pohanpow/popphoto.com | foto berbagai sumber]