}
Cara Menangkal Gendam/Hipnotis
Tips

Cara Menangkal Gendam/Hipnotis

by Yogira
Sun, 15-Nov-2015

Gendam atau hipnotis dipakai jadi modus kejahatan. Sudah banyak yang jadi korbannya, terutama kaum perempuan. Tentu, kita nggak mau dong terkena pengaruh dua modus berbahaya itu.

Secara ilmiah, sebenarnya  hiponotis digunakan untuk terapi penyakit medis agar sang pasien tersugesti dalam keadaan tenang dan santai. Namun, akhir-akhir ini hipnotis disalahgunakan untuk tindak kejahatan.

Nah, agar kita bisa menangkal kondisi tak diinginkan karena pengaruh gendam/hipnotis, kita harus tahu ciri-ciri orang yang jadi korbannya sekaligus cara menyangkalnya.

Ciri-cirinya:

1. Tidak bisa berpikir jernih. Gampang mengiyakan yang dikatakan pelaku gendam, tanpa mau menyangkal.

2. Lebih mengikuti perasaan/emosi ketimbangkan logika dan biasanya korban lebih mudah merespons hal-hal yang bersifat emosial.

3. Terlalu terbuka dalam menyerap informasi apapun dari orang lain tanpa bisa mempertimbangkan mana yang benar dan salah.

Tips Menangkal Gendam/Hipnotis

1. Selalu berdoa ketika akan keluar rumah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing. Cara ini bisa jadi pengingat agar kita waspada pada segala keadaan yang akan terjadi.

2. Jangan sampai pikiran kita kosong, terutama pada saat keramaian. Cobalah terus menggunakan pikiran secara jernih setiap menemui masalah.

3. Kalau kamu mengantuk, carilah tempat aman untuk menenangkan diri sejenak. Pasalnya, keadaan ngantuk akan memudahkan pelaku gendam melemahkan kesadaran kamu.

4. Kalau tiba-tiba ada orang yang menepuk dan mengejutkan kamu dari belakang, tetaplah waspada dan fokus bahwa kamu dalam keadaan sadar dan emosi terkendali.

5. Berusaha tetap santai dan tidak panik ketika ada beberapa orang mencoba mendekatimu. Kendalikan perasaanmu dengan pikiran tajam dan fokus pada keadaan sekitar.

6. Kalau kamu pusing dan mual-mual, lebih baik cari tempat untuk istirahat di sekitar pos keamaan atau kantor polisi. Pasalnya, pelaku gendam mengincar orang dalam keadaan seperti itu.

Ingat, yang paling utama adalah kamu harus tetap memfungsikan energi pikiran agar perasaanmu tetap terjaga dari sugesti yang dilancarkan pelaku gendam tersebut. [][teks @firza | sumber tips-cewek.com, metro.polri.go.id, berbagai sumber | foto ilustrasi: ordinarylegacy.com, parade.com]