}
Cara Mudah Empukkan Daging
Tips

Cara Mudah Empukkan Daging

by Sherra
Thu, 12-Nov-2015

Masakan daging memang enak dan lezat. Namun, jadi nggak istimewa kalau olahan dagingnya masih alot, khususnya olahan daging merah, seperti daging sapi atau kambing. Nah, biar dagingnya empuk, coba ikuti beberapa cara berikut ini sebelum dimasak selain direbus dalam waktu lama.

1. Teh Hitam

Minuman di kala santai ini punya manfaat lain yaitu mengempukkan daging. Caranya, bikin 1-2 cangkir teh hitam yang pekat, diamkan sampai agak dingin lalu rendam daging di dalam teh beberapa menit.

2. Cairan Asam

Cairan yang mengandung asam bisa membantu melembutkan otot dan serat daging sekaligus menambah rasa. Misalnya aja: lemon, jeruk nipis, atau cuka [cuka apel, balsamic, atau cuka dapur]. Lumuri daging dengan sari apel, perasan lemon, atau cuka apel, lalu simpan di kulkas beberapa jam sebelum dimasak.

3. Daun Pepaya

Enzim papain dalam daun pepaya bisa mengempukkan daging. Remas-remas daun pepaya hingga keluar getahnya, gunakan untuk membungkus daging, dan diamkan 60 menit sebelum diolah. Kalau daging sudah dibumbui, proses ini bisa membantu peresapan bumbu.

4. Nanas

Nanas mengandung enzim bromelin yang bisa menguraikan serat-serat daging sehingga jadi lebih empuk saat diolah. Lumuri daging dengan nanas parut atau blender. Diamkan 15 menit sebelum dimasak. Jangan terlalu lama ya! Daging akan mudah hancur.

5. Saus atau Jus Tomat

Kandungan asam pada tomat bisa membantu membuat daging empuk. Inilah alasannya tomat dijadikan sebagai saus BBQ dan dioleskan ke atas daging sebelum dibakar. Bumbui daging sebelum dipanggang atau dimasak. Selain menjadi empuk, daging akan terasa lebih nikmat.

6. Cola

Selain menghasilkan rasa yang unik, cola bisa mengempukkan daging. Rendam daging dalam cola minimal 30 menit. Kandungan asam dalam cola menjadi katalis untuk melembutkan otot daging.

7. Jahe

Jahe mengandung enzim proteolitik alami yang berfungsi untuk mengurai ikatan protein dalam daging sehingga jadi lebih empuk. Lumuri daging dengan jahe parut selama beberapa menit sebelum mengolahnya.

8. Kopi

Selain nikmat diminum, kopi juga menjadi bahan pelembut daging alami sekaligus memperkuat rasa daging. Bikin aja satu gelas kopi kental, dinginkan, rendam daging dalam kopi dan ampasnya selam satu jam sebelum diolah. Cara ini cocok untuk steak, karena rasanya akan lebih enak.

Yuk cobain cara-caranya! [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto cbsnews.com/chabadofwestport.com]