}
Alat Dapur Kadaluarsa
Tips

Alat Dapur Kadaluarsa

by Sherra
Fri, 13-Nov-2015

Kalau diperhatikan, alat-alat dapur memang awet dan tahan lama. Misalnya, aja alat eleketronik seperti blender, kulkas, atau mixer. Nah, tapi bagaimana kalau alat-alat non elektronik? Wah, coba perhatikan alat-alat dapur berikut ya.

1. Sendok Kayu, 5 tahun

Walaupun bisa mencapai umur 5 tahun, tetap perhatikan, siapa tahu sendok kayu sudah retak, berubah warna, atau timbul bintik-bintik kecil. Lebih baik ganti sendoknya sebelum disinggahi bakteri E. coli.

2. Spatula Karet, 2 tahun

Umurnya lumayan lama. Tapi gantilah ketika karet spatula sudah sangat lecet, permukaannya ada yang terpotong, meleleh atau bernoda.

3. Pisau, 2 tahun

Perpanjanglah umur pisau dengan mengasahnya seminggu sekali. Namun pisau sudah waktunya diganti ketika patah, karat, atau sudah nggak bisa diasah.

4. Wajan Antilengket, 2-3 tahun

Kalau sudah kasar, lecet, atau sulit dibersihkan, wajan antilengket sudah waktunya dilem biru [dilempar beli baru]. Cara menyimpannya agar awet, gantunglah atau ditumpuk dengan handuk kertas di antara wajan yang lain.

5. Talenan Plastik, 3 tahun

Talenan dengan bekas potongan yang cukup dalam udah mesti diganti tuh! Pastikan dapur memiliki persediaan talenan terpisah untuk daging atau unggas dan buah-buahan atau sayuran untuk menghindari bakteri Salmonella mampir ke dalam salad. Hiy..

Yuk perhatikan kondisi alat-alat dapur! Demi kesehatan juga lho. [][teks @saesherra/purewow.com | foto purewow.com/littlebitfunky.com]