}
Transfer MP3 ke Kaset
Tips

Transfer MP3 ke Kaset

by Pohan
Tue, 17-Nov-2015

Terbilang jarang, pendengar musik yang masih memakai alat pemutar kaset di era serba digital ini. Biasanya mereka membeli album atau single musisi favoritnya melalui layanan unduh berbayar.

Kalo kamu tetap pengin dengerin lagu-lagu terkini melalui alat pemutar kaset, itu bisa saja dengan cara meng-konversi file MP3 ke kaset, yang menggunakan beberapa peralatan khusus. Simak caranya di bawah ini:

1. Pastikan komputer tempat menyimpan file MP3 kamu memiliki output speaker. Tancapkan kabel penyambung ke lubang "Speaker", "SPK", "LIN OUT" atau hanya gambar headphone pada komputer.

2. Siapkan tape recorder untuk memindahkan file musik dari komputer. Di tape recorder kamu ada keterangan "Microphone", "MIC IN", "REC", atau hanya gambar mikrofon. Sambungkan.

3. Kabel yang digunakan harus sesuai. Misalnya, ujung konektor harus cocok dengan colokan komputer dan tape recorder. Yang paling umum ukuran plug untuk komputer berukuran 3.5mm [1/8-inch].

4. Tekan record pada alat pemutar kaset, kemudian otomatis file MP3 berpindah. Kemungkinan kualitas suara yang direkam pita terdengar hampir sama seperti aslinya.

5. Kamu tidak bisa mendengar lagu yang sedang dipindahkan. Awasi durasinya dengan timer playback pada komputer, hingga kamu tau waktunya harus menekan stop.

6. Jangan lupa periksa volume saat merekam. Kontrol volume pada komputer dan tape recorder. Usahakan keduanya berimbang, volume tidak lebih besar di PC maupun tape recorder.  [][teks @pohanpow/andybrain.com | foto berbagai sumber]