}
Tips Menulis Business Plan
Tips

Tips Menulis Business Plan

by Yogira
Thu, 26-Nov-2015

Pernahkan Anda menulis business plan? Kalau belum, coba terapkan tips ringkas ini, yang disarikan dari artikel berjudul “How To Write A Business Plan” yang dipublikasikan oleh entrepreneur.com.

Anda yang berniat membuat bisnis bisa menyiapkan terlebih dahulu rancangannya dalam  format business plan, yang di dalamnya memuat tulisan, grafik, dan tabel. Isi business plan yang baik harus memenuhi poin-poin berikut ini.  

1. Ringkasan Business Plan

Buatlah ringkasan  dari keseluruhan business plan yang ditulis pada halaman awal. Ringkasan harus menggambarkan bisnis yang Anda inginkan. Ini sangat penting sebagai pembuka halaman isi berikutnya.

2. Deskripsi Bisnis

Jangan lupa dalam business plan, Anda harus menulis informasi tentang industri yang sedang atau akan Anda jalani berikut prospeknya untuk masa mendatang. Gambarkan oleh Anda produk baru dan perkembangannya, baik yang menguntungkan, maupun yang merugikan secara bisnis.

3. Strategi Pasar

Strategi pasar adalah hasil dari analisis dan penelitian. Jadi, dalam business plan yang Anda buat harus memuat target pasar dan pangsa penjualan dari hasil riset yang sudah Anda lakukan.

4. Analisis Kompetitif

Tujuan dari analisis kompetitif adalah untuk menentukan kekuatan dan kelemahan pesaing dalam pasar Anda. Analisis bisa Anda tulis di business plan, berikut hambatan dan antispasi dari potensi kegagalan karena persaingan produksi.

5. Desain & Pengembangan Rencana

Tulislah rancangan dan pengembangan rencana bisnis pada business plan Anda, berupa ketersediaan investor, desain produk berikut grafik pengembangannya, dan juga tabel anggaran produksi.

6. Operasi & Manajemen Rencana

Yang ini berhubungan dengan masalah logistik organisasi dengan berbagai tugas tanggung jawab tim manajemen. Jangan lupa juga, Anda sebutkan modal dan biaya untuk persyaratan operasi bisnis Anda.

7. Faktor Keuangan

Memang keuangan selalu urusannya di belakang rencana bisnis. Tapi, ini bukan berarti kurang penting. Jadi, pertimbangkan juga faktor ini dalam business plan Anda. [][teks @firza/entrepreneur.com | foto entrepreneur.com, aaaefinancialinc.com]