}
Gimana Sih Menghilangkan Cegukan?
Tips

Gimana Sih Menghilangkan Cegukan?

by Dewi
Fri, 20-Nov-2015

Sengsara banget kalo udah cegukan ya, apalagi cegukan yang nggak berkesudahan dan cukup lama. Nyiksa..

Cegukan apa sih? Bukan karena seorang bayi mau tumbuh besar ya, bukan pula karena ada seseorang nun jauh di sana lagi ingat sama kita. Nah yang dimaksud dengan cegukan adalah kontraksi mendadak pada diafragma akibat kejang, yang menyebabkan pita suara menutup dengan cepat sehingga menimbulkan bunyi.

Bicara soal cegukan, ternyata ada banyak cara menghilangkannya, baik yang ngaco maupun yang benar.. Ada yang bilang kalo bayi cegukan, tempelkan aja selembar kertas di dahinya. Ngaco. Yang benar, seperti manusia dewasa, beri saja dia air minum yang cukup.

Ada juga yang bilang dikagetin! Haha mungkin kamu secara nggak sadar langsung ngangguk karena pernah melakukannya ya.. ini juga ngaco!

Minum air panas. Ngaco beneran. Yang ada nanti malah terbakar lidahmu. Yang benar minum air hangat, agar peredaran darah dan oksigen menjadi lancar.

Tahan napas sampai cegukan hilang. Ini ngaco juga. Nanti kamu bisa-bisa malah pingsan karena kelamaan nahan napas.. Yang benar atur napas. Tarik napas dalam-dalam, tahan beberapa saat, lalu buang secara perlahan-lahan.

Cara lainnya:

  • Bernapas dalam kantong kertas. Kadar karbondioksida yang tinggi dalam darah dapat melumpuhkan cegukan. Nah, tiup dan hirup udara dalam kantong kertas sebanyak 10 kali dengan cukup kuat sampai wajah memerah. Lakukan dengan cepat dan usahakan kantong kertas tertutup rapat sehingga nggak ada udara yang masuk ke dalamnya. Jadi udara yang dihirup adalah udara yang banyak karbondioksidanya.
  • Tidur berbaring dengan menekuk kedua lutut ke perut, cara ini bisa meningkatkan kadar karbondioksida di dalam tubuh. Lakukan selama berulang-ulang.
  • Menelan satu sendok makan selai kacang. Selai kacang bermanfaat untuk mengubah irama dalam pernafasan karena kandungan kacang yang ada di dalamnya.
  • Mengunyah seiris jeruk nipis. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis bisa menghilangkan gangguan pada impuls di syaraf vagus sehingga bisa menghilangkan cegukan.
  • Atau paling simple telanlah sedikit gula pasir, ini akan menstimulasi otot diafragma sehingga berkontraksi dengan teratur.

Nah kalo cegukan lagi, silakan coba salah satu cara di atas ya! [][teks @tantedow/berbagai sumber | foto corbisimages]