}
Berdamai dengan Haters
Tips

Berdamai dengan Haters

by Pohan
Thu, 03-Dec-2015

Sebaiknya, kamu mencoba berdamai dengan diri sendiri terlebih dahulu. Orang lain belum tentu sepenuhnya salah. Mungkin saja mereka diciptakan untuk mengajari kamu berdamai dengan keadaan. Yuk, kita berdamai dengan haters:

1. Ambil napas dalam-dalam agar tetap tenang.
Biarkan oksigen meninggalkan otak sementara. Kemudian secara perlahan oksigen kembali ke otak dan kamu bisa berpikir rasional lagi.

2. Akuilah bahwa itu menyakitkan. Pengakuan tersebut menunjukkan sikap dewasa meskipun terlihat seperti berpura-pura. Coba melipir ke kamar mandi dan menangislah sepuasnya.

3. Jangan langsung bereaksi. Sikap terbaik adalah coba untuk mendengarkan penjelasan. Kemudian biarkan perasaan kamu puas dan bilang, “Saya dengar penjelasan kamu dan biarkan saya berpikir.”

4. Meskipun menerima kritikan itu terkadang sakit, ucapkan terimakasih. Biarkan orang tahu bahwa kamu bersyukur dengan mengatakan, "Terimakasih untuk membiarkan saya tahu. Saya menghargainya."

5. Jangan tersinggung bila kamu mendapat kritikan pedas. Anggap saja kritik yang kamu terima kesempatan untuk memperbaiki diri. Cobalah tetap berpikir secara terbuka. Ini proses pembelajaran hidup.

6. Jadilah orang yang tegas. Memendam perasaan bukan ide yang baik. Jangan memikirkan kritik selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Selesaikan masalah secepatnya.

7. Kritikan dari orang lain biasanya tidak bisa dihindari. Inilah risiko yang mesti kita terima. Mengatasi sesuatu yang kamu takuti merupakan tantangan, kuncinya HADAPI KENYATAAN. [][teks @pohanpow/mindbodygreen.com | foto berbagai sumber]