}
Memilih Kalimat Yang Tepat
Tips

Memilih Kalimat Yang Tepat

by Dewi
Thu, 10-Dec-2015

Ahli di bidang pekerjaannya, mampu menyelesaikan masalah, dan selalu dapat memenuhi deadline adalah ciri-ciri orang yang bakal naik pangkat. Tapi kalau sudah di posisi atas, ketiga hal tadi harus dilengkapi dengan kemampuan berkomunikasi yang baik. Nggak mau ‘kan mengalami kesenjangan hubungan dengan bawahan hanya karena salah ucap?

Nah coba tengok 5 kalimat berikut ini deh..

“Kamu udah pernah coba jalankan ide itu dan berhasil?”Kalau kamu kurang menyukai idenya, jangan langsung ditolak mentah-mentah. Seorang atasan harus terbuka untuk ide-ide baru. Dengan mencoba mendengarkan pengalamannya, kamu menunjukkan bahwa sebuah tim sedang dibangun dan arahkan pengambilan keputusan secara tim.

“Sepertinya menarik, lalu bagaimana selanjutnya?” - Kalau kamu ingin tau lebih jauh mengenai idenya, gunakan kalimat di atas. Itu juga menunjukkan bahwa kamu mendengarkannya. Cara lain untuk menunjukkan ketertarikan adalah dengan mengulangi perkataannya dan katakan: “Maksudnya gimana tuh?” Melalui penjelasannya, kamu dan tim bisa mengetahui kemungkinan permasalahan atau konsekuensi yang akan timbul dari idenya tersebut. Kemudian kalian bisa mencari pemecahannya bersama.

“Coba ceritakan masalahmu supaya kita bisa tau kenapa deadline nggak terkejar.” - Kalimat di atas sangat baik untuk dikatakan ketika deadline tak terpenuhi, dibandingkan jika kamu langsung menyerangnya dengan kalimat negatif. Pakailah kesempatan itu untuk mengetahui masalah yang sesungguhnya dan beri masukan cara pemecahannya.

“Untuk presentasi berikutnya kamu perbaiki poin-poin yang ini ya.” - Jika kamu menyatakan kekecewaanmu terhadap presentasinya dengan kalimat “Presentasi kamu jelek banget.” itu seperti menyerangnya secara pribadi. Hindari pendapat yang mengakibatkan luka emosional. Mulailah dengan hal-hal yang baik, kemudian tunjukkan padanya mana aja yang harus diperbaiki untuk presentasi selanjutnya.

Untuk terus membangun komunikasi yang baik, upayakan untuk lebih sering berbagi informasi secara langsung. Memang sekarang teknologi sudah maju, ada email dan sarana komunikasi lainnya. Tapi percayalah, nggak ada yang mengalahkan indahnya percakapan tatap muka langsung.. [][teks @tantedow/ lifehacks.org | foto corbisimages]