}
Kriteria Tempat Kost 'Feels Like Home'
Tips

Kriteria Tempat Kost 'Feels Like Home'

by Pohan
Mon, 06-Apr-2015

Calon anak kost harus mempertimbangkan tempat tinggal mereka yang baru nanti. Jangan sampai tidak nyaman setelah tiga hari tidur di kamar yang sudah dibayar. Di bawah ini adalah kriteria yang perlu diperhatikan agar tempat kost bisa feels like home


1. Kebersihan
Periksa kebersihan lingkungan tempat kost: lorong, kamar mandi, kamar-kamar yang ditawarkan, atau ruang-ruang yang nantinya kita gunakan.

2. Air Bersih
Cek saluran air seperti kamar mandi dan dapur tempat kost. Jangan sampai airnya nggak bersih dan sedikit keluarnya. Kita membutuhkan air yang cukup untuk mandi dan mencuci.

3. Listrik
Ketahuilah berapa daya listrik di kamar yang akan kita tempati untuk menghindari listrik turun mendadak. Biasanya, kalau pasang AC, daya listrik per kamar minimal 1.300 watt.

4. Aman
Sebaiknya, pilih tempat kost yang ada penjaganya macam satpam atau PRT kalau pemilik tidak tinggal di sekitar kost. Pastikan kostan tidak sembarang orang boleh keluar-masuk.

5. Ukuran Kamar
Pilih kamar yang nggak terlalu sempit, minimal ukurannya 3 x 3 meter. Siapa tau orangtua kalian mau menginap atau ada teman yang ingin bertamu, jadi tak perlu berdesakkan.

6. Fasilitas
Selain kamar mandi di dalam, ada lemari pakaian, tempat tidur dan AC, bagi kalian yang memiliki kendaraan perlu cek juga kesediaan tempat parkir.

7. Sirkulasi Udara
Agar kesehatan tetap terjaga, pastikan sirkulasi udara kamar kost baik. Misalnya ada jendela ukuran sedang atau ventilasi udara supaya nggak pengap.

8. Biaya
Harga yang ditawarkan pemilik kost harus sesuai dengan fasilitasnya. Perhatikan juga sistem pembayaran kost karena ada yang kost per bulan/semester.

9. Jarak
Pilih tempat kost yang dekat dengan kampus/kantor, agar bisa hemat ongkos. Ada juga yang mau nggak jauh dari pusat kota, supaya gampang cari hiburan.

10. Tempat Strategis
Sebaiknya, tempat kost dekat sama tempat makan, warnet, fotocopy, laundry dan lain-lain yang menunjang segala kebutuhan kita.

11. Lingkungan dan Teman-teman yang Baik
Saat survei bisa liat tuh penghuni calon tempat kost kita kayak apa. Semoga pemilik kost bukan tipikal orang yang bawel, karena ini pasti ngebetein.

12. Sinyal
Nah, karena kehalang tembok dan tembok. Kadang sinyal di tempat kost payah. Pas survei ini juga prioritas yang kudu dicek. Sukur-sukur kalau ada WiFi-nya. [][teks @pohanpow | foto dok. rumahfresh.com, kost2an.com]