}
Apa Aja Isi Kotak Seserahan?
Tips

Apa Aja Isi Kotak Seserahan?

by Sherra
Fri, 11-Dec-2015

Sebelum menikah, biasanya ada budaya seserahan untuk calon mempelai wanita. Seserahan itu apa sih? Seserahan pernikahan adalah simbolisasi dari pihak pria sebagai bentuk tanggungjawab kepada keluarga wanita. Bentuknya adalah sejumlah barang-barang untuk calon pengantin wanita dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Trus, berapa banyak sih yang harus disiapkan?

Kalau menurut adat Jawa, jumlah seserahan harus ganjil. Misalnya, 5, 7, atau lebih, yang penting sesuai kesepakatan bersama aja.

Lalu apa aja isi seserahan pernikahan?

Tiap adat memiliki syarat tertentu yang harus diikuti. Namun sekarang banyak calon pengantin yang memilih sendiri isinya agar bisa dipakai sehari-hari.

Nah, inilah barang-barang yang biasanya ada dalam kotak seserahan:

1. Perlengkapan Ibadah

Bagi yang Muslim, alat shalat seperti: mukena, sajadah, dan juga Al-Qur'an. Ini sebagai simbol bahwa hubungan rumah tangga pastinya selalu harus berpegang pada Tuhan dan agama.

2. Perhiasan

Perhiasan ini beda dengan cincin pernikahan ya. Perhiasan bisa berupa cincin, kalung, liontin atau gelang. Jumlahnya tentu disesuaikan dengan kemampuan pengantin pria. Biasanya perhiasan terbuat dari emas, intan, atau berlian. Ini sebagai simbol cinta kedua pasangan dan bermakna agar calon mempelai wanita selalu bersinar indah walaupun diterpa berbagai masalah hidup dan bertambahnya usia.

3. Seperangkat Pakaian Wanita

Pakaian ini terdiri atas kebutuhan mempelai wanita dari ujung kepala hingga ujung kaki, misalnya: hijab [kalau berhijab], pakaian dalam, baju kerja, baju pesta, kebaya, kain batik, hingga baju tidur. Ini bermakna bahwa pasangan harus bisa menjaga rahasia pernikahannya alias nggak sembarang mengumbar masalah dan rahasia antara suami istri.

4. Sepatu atau Selop

Sepatu atau selop biasa dimasukkan dalam daftar barang seserahan. Maknanya, agar pasangan siap menjalani satu kehidupan baru mereka dan  selalu dapat berada di jalan yang lurus untuk menjaga hubungan pernikahanya hingga akhir hayat.

5. Perawatan Tubuh dan Make-up

Barang seserahan ini dimaksudkan agar sang mempelai pria bersedia menjaga penampilan calon istri dengan menyediakan perawatan tubuh dan make-up yang memadai.

6. Makanan Tradisional

Makanan tradisional yang biasa diberikan untuk seserahan adalah yang terbuat dari beras ketan, seperti: wajik, jenang, kue lapis, atau jadah. Maknanya adalah agar cinta dan tali silaturahim antara kedua calon pengantin ini selalu bersatu sebagaimana beras ketan yang setelah dimasak akan menjadi lengket.

7. Buah-buahan

Buah-buahan adalah simbol harapan agar calon pengantin bisa bermanfaat bagi keluarga dan orang-orang yang ada di sekitarnya. Pilihlah buah-buahan yang memang disukai olehmu dan keluargamu.

8. Suruh Ayu

Walaupun bukan kebutuhan dasar mempelai wanita, suruh ayu adalah satu set daun sirih yang menjadi simbol dari kesatuan hati, kesatuan tekad kedua pasangan di atas perbedaan.

Setelah prosesi penyerahan seserahan oleh pihak pria, di beberapa daerah terdapat adat bahwa pihak mempelai wanita memberikan seserahan balik --atau sering juga disebut angsul-angsul-- kepada keluarga calon mempelai pria dengan jumlah yang lebih sedikit, namun tetap ganjil.

Isinya adalah:

1. Perlengkapan beribadah

Misalnya, sarung, sajadah, atau bisa ditambah dengan baju koko.

2. Pakaian pria

Bisa kemeja, celana, dan sepatu, bisa juga bisa busana yang akan dipakai pada waktu prosesi akad nikah.

3. Keperluan pria

Seperti sepatu, ikat pinggang, dasi, parfum atau lainnya.

4. Makanan dan buah-buahan

Pilihlah yang digemari calon mempelai pria.

Tips:

  • Saat belanja barang-barang seserahan, ajaklah calon mempelai wanita supaya barang-barang yang dibeli sesuai selera si wanita.
  • Buatlah daftar barang-barang yang akan dibeli. Hal ini bisa digunakan untuk penentuan budget dan waktu kapan mulai membeli barang-barang tersebut.

Tah kitu. Banyak kan 'hadiah' yang akan diserahkan pria maupun wanita sebelum pernikahan. Buruan nabung! [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto corbisimages.com]