}
Tips Sederhana Agar Rumah Tak Kemalingan
Tips

Tips Sederhana Agar Rumah Tak Kemalingan

by Yogira
Mon, 14-Dec-2015

Hanya orang nggak waras rumahnya pengen kemalingan. Orang normal tentu saja ogah rumahnya disantroni maling. Tamu tak diundang tak layak datang!

Musim hujan begini, biasanya jadi kesempatan maling beraksi. Apalagi kalau hujan deras malam hingga dinihari, itu malah jadi situasi mendukung bagi sang pencuri mengaburkan suara congkelan pada pintu atau jendela dengan suara deras air hujan.

Nah, bagi Anda yang nggak mau rumahnya dimasuki maling, berikut adalah tips sederhana apabila Anda belum memutuskan rumah akan  dilengkapi sistem keamanan berupa alarm dan CCTV.

1. Pasang Lampu Benderang

Lampu benderang atau lebih baik lampu sorot bisa mencegah maling masuk rumah asalkan dipasang tepat di atas jendela atau pintu, bisa juga di tempat yang gelap. Pasalnya, pencuri rumah biasanya masuk melalui jalur yang kurang penerangannya.

2. Bikin Tulisan Peringatan

Tuliskan kata-kata peringatan, baik pada papan, maupun kertas. Misalnya, ditulis: “Jangan Macam-Macam! Rumah Ini Dipasang CCTV dan Alarm”. Bisa juga ditulis, “Loe Bongkar Rumah Gue, Loe Bisa Kojor Babak Belur.” Tulisan kayak begini secara psikologis bisa mengelabui si pencuri agar nggak masuk rumah. Padahal sebenarnya, rumah Anda tak dipasang CCTV dan alarm. Tulisan peringatan ini bisa ditempel di jendela atau dekat pintu.

3. Cantelkan Tutup Panci atau Cangkir pada Gagang Pintu atau Jendela

Suara tutup panci atau cangkir yang jatuh bisa mengejutkan pencuri asalkan dicantelkan pada gagang pintu atau jendela dengan posisi yang mudah terjatuh kalau ada yang membukanya.

4. Nyalakan Televisi Semalaman

Memang sih jadi boros energi. Tapi cara ini bisa menipu calon pencuri yang mengira penghuni rumah masih melek menonton televisi.

Demikian tips paling sederhana agar pencuri segan menyantroni  rumah Anda. Sebelum Anda pasang CCTV atau alarm, cara ini bisa membantu. Selamat mencoba. [][teks @firza | foto courtesy of: diamondsmarttech.com, kcwtoday.co.uk]