}
Cara Membuat Pupuk Kompos
Tips

Cara Membuat Pupuk Kompos

by Pohan
Thu, 24-Dec-2015

Pupuk kompos merupakan penyempurnaan dari pupuk kandang, dengan mengolahnya menjadi bahan yang lebih mudah diserap tanaman.
Tidak semua petani mengetahui secara pasti cara membuat pupuk kompos. Padahal dengan membuat pupuk sendiri, mereka bisa menghemat.

Bahan-bahan:

» 300 kg kotoran ternak yang sudah ditiriskan agar tidak basah, sampah organik, dan seresah dedaunan
» 50% air sumur yang bebas chlorine
» 10% air kencing ternak [sapi, kerbau, domba, kambing, kelinci, kuda]
» 15% abu dapur
» 5% dedak kasar
» 10% kapur mati
» bakteri pengompos, bisa diambil dari isi rumen sapi

Peralatan yang dibutuhkan:
> Cangkul, sekop, cengkek
> Ember plastik berukuran sedang
> Plastik transparan untuk menutup ember

Cara Bikin:
1. Tumpuklah kotoran ternak, sampah organik, dan seresah dedaunan hingga membentuk seperti gundukan setinggi kurang lebih 20cm.

2. Taburkan bahan lainnya yaitu dedak kasar, abu dapur, dan kapur di atas gundukan.

3. Siram gundukan dengan air sumur dan air kencing ternak yang sudah dipersiapkan.

4. Tambahkan bakteri dari isi rumen sapi.
Setelah itu tumpuk kembali dengan bahan pertama, dan demikian seterusnya lakukan berulang–ulang seperti cara membuat adonan semen dengan cangkul untuk bangunan.

5. Setelah semua bahan tercampur merata, tutuplah dengan plastik transparan untuk menghindari terpaan sinar matahari maupun terkena air hujan. Diamkan gundukan tersebut selama kurang lebih 1 minggu.

6. Setelah satu minggu, pindahkan gundukan ke lokasi di sebelahnya dengan cara menyisirnya dari atas kebawah hingga berpindah.

7. Setelah dipindah, tambahkan air tanah dan air kencing ternak dengan dosis sama seperti tahap awal hingga mencapai kelembaban 60%. Untuk mengetahui tingkat kelembaban yang pas, ambil pupuk kompos tersebut lalu kepa dengan tangan, setelah itu dilepas dari genggaman. Jika pupuk tercerai namun tangan kamu terasa lembab dan masih ada sedikit yang menempel di tangan, itu pertanda kelembaban pupuk kompos tersebut telah pas.

8. Diamkan kembali pupuk kompos tersebut selama 1 minggu. Setelah satu minggu, pupuk kompos siap untuk digunakan maupun disimpan di dalam karung goni. [][teks @pohanpow/infoagribisnis.com | foto berbagai sumber]