}
Pertimbangan Pindah Kerja
Tips

Pertimbangan Pindah Kerja

by Pohan
Mon, 04-Jan-2016

Mau pindah kerja? jangan dulu terburu nafsu. Pikirkan dulu matang-matang. Ingatlah pindah kerja bukanlah perkara gampang. Anda harus mempertimbangkannya dulu sebelum membuat keputusan. Ini sangat diperlukan karena pindah kerja bisa mengundang risiko yang berpotensi menghambat karier, bahkan berpengaruh terhadap kehidupan pribadi. Sebelum Anda memutuskan pindah kerja, apa saja sih, yang perlu dipertimbangkan?


1. Pahami Diri Sendiri

Pikirkan dan pahami dulu secara seksama diri Anda sendiri sebelum pindah kerja, misalnya: latar kehidupan pribadi, minat, bakat, karakter, nilai-nilai dan keyakinan pribadi, dan juga pendidikan Anda. Dengan demikian, Anda bisa menentukan hal apa saja yang membuat Anda tak nyaman dengan pekerjaan yang kini sedang dijalani.

Jika Anda keliru atau bahkan tidak mampu memahami diri sendiri atas pekerjaan yang Anda jalani saat ini, itu juga dapat mengakibatkan kesalahan ketika Anda hendak berhenti dari pekerjaan sekarang, juga saat memilih pekerjaan baru. Kemudian hari, Anda pun merasa menghadapi kendala dan tidak nyaman menjalani pekerjaan, karena ternyata tak sesuai dengan minat dan harapan. 


2. Seberapa Jauh Anda Memahami  Jenis Pekerjaan yang Diminati

Misalnya, tugas-tugas apa saja yang harus Anda lakukan untuk satu pekerjaan tertentu, bagaimana prospek pekerjaan tersebut pada masa mendatang, bagaimana kompensasi rata-rata yang diperoleh dari pekerjaan tersebut dan tentu saja kesesuaian antara karakter Anda dengan pekerjaan baru yang diinginkan tersebut.

Informasi mengenai hal-hal ini dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti bertanya kepada orang-orang yang berpengalaman atau aktif dalam bidang yang Anda diminati. Anda pun dapat memperoleh informasi dari berbagai sumber bacaan, seperti: buku, artikel, dan internet. Pelajari latar belakang, visi dan misi, budaya serta prospek perusahaan yang Anda tuju.

3. Jangan Lupakan Pembelajaran

Anda perlu memperbarui pengetahuan dan keahlian yang Anda miliki sekarang. Apakah pekerjaan yang Anda minati memungkinkan Anda untuk memperoleh pendidikan dan pelatihan? Apakah perusahaan yang akan Anda tujukan berkomitmen untuk selalu meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan karyawannya? Pertimbangkan hal ini dengan baik. Seberapa jauh Anda bisa memperoleh kesempatan untuk melakukan pembelajaran karena dalam situasi yang kompetitif Anda harus rajin mengisi ulang pengetahuan.

4. Networking

Networking/jaringan berperan penting bagi para pencari kerja. Kalau networking Anda luas, itu akan mempermudah Anda untuk memperoleh aneka informasi. Banyak lowongan kerja yang tidak dimuat dalam kolom iklan di media karena berbagai alasan. Oleh sebab itu, sangat lumrah  orang berpindah-pindah tempat kerja. Ketika seseorang meninggalkan posisinya, perusahaan biasanya hanya punya waktu sekitar satu bulan. Dalam situasi ini informasi dari network yang kita punya tentu sangat membantu untuk mengakses berbagai peluang karier.

5. Pengalaman

Orang yang belum memiliki banyak pengalaman kerja perlu mempertimbangkan langkahnya lebih cermat karena perusahaan cenderung lebih menginginkan karyawan yang memiliki banyak pengalaman kerja. Meski begitu, pengalaman bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan kesuksesan seseorang dalam pekerjaan. [][teks @pohanpow/jakartaconsulting.com | foto berbagai sumber]