}
Tips Motret Pelangi
Tips

Tips Motret Pelangi

by Pohan
Sun, 10-Jan-2016

Musim hujan adalah momen yang tepat bagi kamu yang kepengin motret pelangi. Pasalnya, spektrum warna besar di langit biasanya muncul setelah turun hujan.

Pelangi terjadi akibat pembiasan cahaya matahari oleh butir air. Inilah tips memotret pelangi dengan menggunakan kamera DSLR:

1. Posisi

Posisi pelangi selalu berlawanan dengan posisi matahari. Intensitas warna pelangi yang bervariasi menuntut kamu agar menjepret objeknya lebih banyak. Meski masih terlihat samar pada awal terbentuknya, cobalah kamu mulai kamu memotretnya. Seiring waktu, intensitas warna akan meningkat walau terkadang hanya sebentar.

2. Latar Belakang

Agar bisa 'menangkap' warna pelangi yang kuat,  di sekitarnya diperlukan latar belakang yang gelap. Jika  pelangi muncul ketika langit terlihat terang, manfaatkan pohon-pohon atau bukit sebagai latar.

3. Lensa

Kamu harus menggunakan lensa wide-angle karena sangat membantu  merekam objek pelangi secara keseluruhan. Meski begitu, penggunaan lensa ini akan memengaruhi ketebalan corak pelangi.

4. Ekposur

Supaya menambah efek dramatis, kameramu setel aja dengan eksposur lebih rendah. Syaratnya, tidak lebih rendah dari ‘under’ ½ stop.

5. Filter

Pemakaian filter polarized akan membantu menonjolkan warna pelangi. Coba memutar filter sampai kamu mendapatkan hasil yang diinginkan. Hindari polarisasi penuh karena akan membuat pelangi malah hilang dari gambar. [][teks @pohanpow/ganlob.com | foto berbagai sumber]