}
Ragam Terapi Seni Saat Emosi
Tips

Ragam Terapi Seni Saat Emosi

by Sherra
Mon, 11-Jan-2016

Kenapa ya, emosi seringkali dikaitkan dengan kemarahan? Padahal 'kan emosi bukan cuma saat marah. Emosi adalah reaksi terhadap sesuatu. Entah itu marah, senang, sedih, atau takut.

Terapi seni [art therapy] adalah cara yang sangat dasar, namun efektif untuk menstabilkan emosi dan pikiran. Nah, berikut ini beberapa jenis art therapy yang bisa mengatasi perasaanmu yang negatif. Sederhana kok, yuk coba!

1. Ketika kamu capek, gambarlah bunga. Menggambar bunga membantu mengembalikan kekuatan pikiran dan menjernihkan otak.

2. Ketika kamu marah, coba deh menggambar garis. Garis lengkung, garis lurus, garis apapun yang kamu suka.

3. Ketika kamu dalam perasaan sakit, buatlah sebuah paper model atau puzzle untuk membantu mengalihkan pikiran.

4. Ketika kamu bosan, mewarnai bisa jadi penghilangnya lho.

5. Ketika kamu sedih, lukislah sebuah pelangi.

6. Ketika kamu takut, merajutlah sesuatu untuk membuat kamu merasa aman.

7. Ketika kamu sedang tegang, menggambar sebuah pola bisa bikin kamu rileks.

8. Ketika kamu kecewa, coba jiplak potret atau lukisan.

9. Kalau kamu kuatir, buatlah sebuah boneka.

10. Kalau kamu sedang marah atau geram, robeklah kertas dan buatlah berpola.

11. Kalau kamu cemas, cobalah lipat origami.

12. Kalau kamu merasa kangen, gambarlah sebuah labirin.

13. Kalau kamu bingung, kamu bisa menggambar mandala [bahasa Sansekekerta yang berarti lingkaran]. Mandala adalah pola desain [simbol] yang dibuat untuk merepresentasikan keutuhan secara personal maupun secara kosmologis.

14. Kalau kamu butuh kekuatan, lukislah pemandangan yang indah.

15. Kalau kamu nggak bisa mendeskripsikan perasaanmu, coba gambarlah potret diri.

16. Kalau kamu perlu mengingat momen saat ini, gambar saja pola berwarna.

17. Kalau pikiran kamu berantakan, coba deh gambar persegi atau sarang lebah.

18. Kalau kamu perlu membuat pilihan yang baik, gambarlah sebuah gelombang dan lingkaran.

19. Kalau kamu berada dalam suatu kebiasaan, kamu gambar saja beberapa spiral.

20. Kalau kamu perlu mencapai suatu tujuan, coba gambar sebuah target.

Nah, apa yang sedang kamu rasakan sekarang? [][teks @saesherra/ higherperspectives.com | foto corbisimages]