}
Bikin Jins Robek Sendiri
Tips

Bikin Jins Robek Sendiri

by Pohan
Sun, 17-Jan-2016

Tahukah kamu jins pertama kali diperkenalkan Levi Strauss pada tahun 1872? Ia seorang produsen pakaian Amerika Serikat kelahiran Jerman yang mendirikan Levi Strauss & Co. alias Levi’s.

Sejak tahun '50-an, jins populer bagi remaja hingga muncul berbagai macam merek lainnya. Bahkan ada segambreng model jins kece yang mendukung aktivitas masyarakat kota.

Kamu pencinta jins robek-robek? Sekarang nggak harus membeli jins yang baru karena kamu bisa membuat jins sendiri di rumah:

1.  Sebaiknya, gunakan jins yang sudah pernah dipakai agar memberi hasil yang lebih baik dibandingkan jins baru dan lebih baik sesuai dengan ukuran tubuh. Jins berwarna terang hingga medium biasanya memberi hasil yang bagus jika dirobek. 

2. Jins bisa dirobek dengan beberapa bahan. Jika kamu pengin bikin lubang yang besar, gunakan gunting, pisau cukur atau pisau yang tajam untuk merobeknya. Kamu juga bisa memakai pisau x-acto [nama merek pisau] maupun pisau lipat. Nah, biar tampilan jins terlihat usang, kamu bisa gosok dengan ampelas, parutan, sabut baja, maupun batu apung.

3. Kamu bisa menentukan pilihan bagian jins yang ingin dirobek. Gunakan pensil untuk menandainya dan juga penggaris untuk menentukan ukuran panjang yang akan dirobek sesuai keinginanmu. Rata-rata sih orang cuma merobek di sekitar lutut, atau di sekitar kaki celana. Sebaiknya, robekan sedikit lebih tinggi dari lutut supaya mencegah robekannya tak membesar ketika berjalan. Jangan pula bikin robekan yang terlalu tinggi karena itu bisa membuat pakaian dalam kamu terlihat.

4. Bentangkan celana jins di permukaan yang datar. Selipkan sepotong kayu kecil, lalu masukan ke dalam kaki celana. Cara ini bisa membuat tampilan jins usang tidak mengubah bagian depan dan bagian belakang sekaligus. Kamu juga bisa menggunakan talenan, buku lama atau tumpukan majalah, maupun benda apa saja yang sudah tak terpakai. Tetapi kamu jangan melakukannya di meja dapur jika kamu menggunakan pisau yang sangat tajam.

5. Kalau kamu pengin bikin rumbai pada jins, gunakan saja ampelas atau sabut baca sebelum kamu memotong-motong jins tersebut. Ampelas/sabut baja digosokan saja pada jins untuk menipiskan area yang ingin kamu robek. Cara seperti ini dapat melonggarkan serat di dalam jins sehingga lebih mudah ketika dirobek.

6. Kalau jins kamu pengin ada rumbainya dan tambalan yang berserabut, tariklah benang di area yang kamu buat menjadi usang dengan cara digunting. Cara ini akan melonggarkan serat di area tersebut sehingga akan menampakkan sedikit kulitmu ketika dipakai. Agar terkesan lebih gaya, tariklah semua benang putih yang mencuat dari jins tersebut.

7. Untuk menambahkan lubang pada bagian jins, yang ingin dirobek, pakailah gunting dan potong bagian kecil di dalam area yang ingin jadi usang. Bikinlah lubang sekecil mungkin. Kamu boleh aja sih saja membuat lubangnya lebih besar, tapi risikonya jins mungkin bisa rusak dan bahkan nggak busa dipakai lagi karena lubangnya kegedan. Intinya, jangan membuat lubang lebih dari 1,5 cm!

8. Jins bisa robek lebih dalam dan robekannya terlihat alami hanya dengan menarik benangnya dengan tanganmu. Cara ini bisa memutuskan serat robekannya. Tapi hati-hati, kamu jangan terlalu banyak membuat lubang untuk menarik seratnya karena nantinya robekan jins tidak terlihat alami.

9. Jahitan jins bisa lebih kuat dan lubangnya pun nggak akan bertambah besar kalau kamu menjahitnya di sekeliling tepi lubang. Untuk menjahitnya gunakan benang putih atau biru, bisa dengan tangan, maupun mesin jahit. [][teks @pohanpow/id.wikihow.com | foto berbagai sumber]