}
Agar Kaktus Berbunga
Tips

Agar Kaktus Berbunga

by Pohan
Fri, 22-Jan-2016

Emang kaktus bisa berbunga? Ya bisa lah. Iya sih, kaktus termasuk jenis tumbuhan yang 'malas berbunga'. Butuh waktu lama agar dia memunculkan bunganya. Tapi, kalo kamu pengin punya kaktus yang cepat berbunga, ada 2 cara gampang asalkan kaktus itu kondisinya sehat.

Biasanya sih, kaktus yang bisa dibungakan usianya 2-3 tahun dan harus tumbuh di tempat yang ideal. Untuk membungakan kaktus juga memerlukan suhu yang tepat, yaitu sekitar 33-35 Celcius pada siang hari dan 22 Celcius pada malam hari.

Segala  jenis kaktus memerlukan terpaan cahaya matahari yang cukup. Yang ideal sih, selama 12 jam per hari atau secara rutin 5 jam per hari. Penjemurannya setiap hari. Adapun cara untuk mempercepat agar kaktus berbunga bisa dengan cara penerapan stres air atau memecah dormansi.


1. Penerapan Stres Air

Kalau kamu pake cara ini, berarti  kaktus tidak mendapatkan pasokan air dalam waktu tertentu. Jika kamu biasanya menyiram kaktus seminggu 2 kali, dengan cara ini cukup menyiram sekali saja. Tapi kaktus harus disimpan di tempat yang teduh. Sedangkan untuk memumpuknya, lakukan saja 2 minggu sekali secara rutin dengan menggunakan pupuk yang mengandung fosfor dan kalium dengan kadar tinggi. Kamu juga bisa menggunakan pupuk yang mengandung Vitabloom, Gandasil merah, atau hyponex, yang dosisnya harus sesuai dengan petunjuk pada label kemasan. Setiap kali kamu memupuk kaktus, ikuti dengan penyiraman. Kamu bisa lihat hasilnya sebulan kemudian. Kuntum-kuntum bunga mulai bertumbuhan. 


2. Memecah Dormansi

Cara ini pun bisa membuat kaktusmu cepat berbunga dengan menggunakan sistem beda suhu dan kelembapan. Syaratnya, kaktus yang akan dibungakan harus sehat dan tumbuh secara pasif, yang ditandai dengan mulai berkurangnya duri baru yang keluar, misalnya pada kaktus gymnocalycium. Cabut tumbuhan ini, lalu bersihkan tanah yang melekati akarnya. Setelah itu, kamu harus memotong akar itu dan sisakan 1-2 cm. Kalau ada akar yang tersayat, yang bisa menimbulkan pembusukan, kamu oleskan kaktus dengan dithane, vandozeb, dan fungisida benlate. Lantas, simpan tanaman ini di lokasi yang teduh selama 3-4 hari.

Setelah melalui proses tersebut, kaktus dibalut dengan kain hitam atau koran. Lantas kamu masukkan kaktus itu ke dalam kardus yang ditutup rapat supaya tidak kemasukan cahaya. Kemudian kaktus disimpan di kulkas pada suhu sekitar 10-18 derajat Celcius. Baru setelah itu, kaktus dikeluarkan dan secepat mungkin harus ditanamkan pada media baru. 

Agar hasilnya memuaskan, kamu harus menyiram kaktus secara rutin, setidaknya seminggu sekali. Ingat, jangan  pindahkan kaktus secara langsung pada tempat semula karena itu bisa membuat kaktus terbakar. Lebih  aman,  mending pindahkan kaktus secara perlahan, mulai dari lokasi yang agak teduh. Setelah 2-3 minggu, kamu bisa lihat hasilnya: kaktusmu mengeluarkan kuncup bunga secara bersamaan. Selamat mencoba ya! [][teks @pohanpow I re-write dari tipspetani.blogspot.co.id | foto berbagai sumber]