}
Cara Hindari Pelecehan Seksual
Tips

Cara Hindari Pelecehan Seksual

by Pohan
Mon, 25-Jan-2016

Pelecehan seksual bisa terjadi di mana kapan saja. Tidak sedikit pelaku yang berani melakukan pelecehan di angkutan umum. Bahkan rekan kerja pun bisa melakukan tindakan yang keterlaluan. Agar situasi tersebut tidak memburuk, kita harus tegas!

» Di Kantor

1. Apabila teman kerja melontarkan lelucon, jangan ambil pusing selagi ia tidak menyentuh, atau melakukan hal-hal yang tidak pantas terhadapmu.

2. Beberapa candaan bisa ditoleransi; beberapa tidak. Ketika tidak, katakan bahwa hal tersebut tidak pantas. Kamu boleh bilang, “Okay, ini nggak lucu!" atau lebih serius katakan “Anda membuat saya tidak nyaman, jangan konyol!”.

3. Jangan merasa tidak enak dengan rekan kerja sekalipun ia bos kamu. Tegur langsung saja jika ia melecehkanmu. Bersikaplah dengan tegas. Kalau perlu, beri ancaman saat pertama kali ia melakukan aksinya.

4. Kenakan pakaian kerja yang pantas. Misalnya, Tidak menunjukkan belahan dada atau mengenakan rok mini yang terkadang kamu sendiri merasa risih.

» Di Angkutan Umum

5. Pilih angkutan umum dengan kaca bening. Perhatikan nomor trayek dan jurusan. Jangan salah naik angkutan umum.

6. Pastikan supir menggunakan seragam dan mengenakan tanda pengenal.

7. Jangan tidur dalam angkutan umum. Apabila terpaksa keluar, ajak teman. Tak ada salahnya membawa alat untuk membela diri seperti semprotan merica.

8. Jika melihat gelagat yang mencurigakan, jangan ragu untuk turun dan pindah angkutan.

9. Jika terpaksa berdiri karena angkutan umum penuh, atur posisi di antara atau dekat perempuan lain. Hindari berdiri terkepung laki-laki.

10. Pastikan duduk atau berdiri di bagian khusus wanita. Pengguna Commuter Line dapat memanfaatkan gerbong khusus perempuan.

11. Jika ada yang mencoba meraba, jangan ragu untuk berteriak atau minta tolong. Suara kerasmu membuat orang-orang di sekeliling berpaling dan bisa mencegah pelaku berbuat nekat.

12. Jika pelecehan terlanjur terjadi, hubungi petugas angkutan umum agar pelaku dapat ditindak. Kamu juga bisa melapor ke Ruang Pelayanan Khusus [RPK] Polda Metro Jaya.

13. Usahakan jalan di tempat ramai, hindari tempat sepi. Kamu tidak perlu menanggapi panggilan seseorang yang tidak dikenal di jalan. Apalagi orang yang memanggil tanpa maksud yang jelas. [][teks @pohanpow sumber & foto berbagai media]