}
Aturan Toilet Umum Wanita
Tips

Aturan Toilet Umum Wanita

by Pohan
Thu, 04-Feb-2016

Masak iya ke toilet ada aturan segala? Ada dong! Demi kenyamanan bersama nih, kita kudu banget jaga kebersihan. Inilah aturan saat berada di toilet umum yang mungkin terlupakan:

12. Untuk memastikan ada orang atau tidak, kamu cukup sekali mengetuk pintu toilet. Kalau kamu kebelet nggak nahan banget pengin buang air, cari toilet lain yang kosong. Jangan sampai mengganggu orang lain.

11. Toilet bukan studio foto lho.. Risih nggak sih diliatin orang pas kamu lagi monyong-monyong gitu di depan kamera handphone. Apalagi moto depan kaca dekat wastafel, ganggu deh. Kasian yang mau cuci tangan nunggu kamu selfie.

10. Aroma yang disemprotkan alat pengharum ruangan di toilet kadang cukup menyengat. Jadi, kamu nggak perlu seenak udel menambahkannya lagi dengan semprotan parfum pribadimu.

9. Beritahu petugas toilet jika tisu habis atau hal lainnya yang mengganggu kenyamanan. Jangan sampai pengguna toilet berikutnya kewalahan mencari tisu. Itung-itung dapet pahala.

8. Jangan ngobrol di telepon genggam berasa di rumah sendiri. Misalnya, kamu berteleponan sambil buang air besar, apalagi teleponan sama teman sampe cekikikan gitu. Pengguna toilet lainnya bisa keganggu.

7. Setelah buang air, cuci tanganmu. Ya, kadang sebel sih kalau dapetin toilet umum yang tempat cuci tangannya nggak bersih atau airnya nggak nyala. Siapin aja tisu basah.

6. Ingat, wilayah tempat cuci tangan yang lengkap dengan kaca besar itu bukan salon rambut pribadi kamu. Nggak perlu lama-lama deh ngaca, dandan, karena sama aja nyuri waktu orang.

5. Jangan mandi di wastafel lho.. Seringnya pada keramas gitu 'kan. Airnya bercecer ke mana-mana. Eh, diliatnya juga nggak enak. Plis, mending mandi aja di rumah ya.. Lebih puas banget.

4. Jangan buang sampah sembarangan. Kalau tong sampahnya penuh, kasih tau petugas kebersihan untuk menggantinya supaya kamu bisa membuang sampah tersebut.

3. Setelah buang air, jangan sampai lupa siram! Duh, apes sih kalau flush-nya rusak. Nggak ada salahnya, sebelum gunain toilet periksa dulu aja berfungsi nggak flush-nya.

2. Kalau kamu  sedang datang bulan, buang pembalut pada tempat sampah khusus pembalut. Jangan buang ke tempat sampah untuk tisu apalagi ke dalam closet. Kalau closet mampet, repot tuh.

1. Kebanyakan orang yang takut kena kuman biasanya memilih tidak duduk di closet tapi agak ’nungging’. Tapi dengan melakukan ini tetesan air urinenya malah mencemari closet. Nah, baiknya lap closet dengan tisu bersih dan duduklah. [][teks @pohanpow/pjmedia.com | foto berbagai sumber]