}
Cara Sederhana Menentukan Arah
Tips

Cara Sederhana Menentukan Arah

by Yogira
Fri, 10-Apr-2015

Kadang saat berada di perjalanan, kita bingung menentukan arah. Apalagi kalau nggak punya kompas. Tapi jangan panik guys, ada beberapa cara sederhana yang kamu perlu ketahui.

1. Menggunakan Bayangan
Pada siang menuju sore, bayangan benda umumnya condong ke arah Timur. Sebaliknya, pagi menjelang siang, bayangan benda condong ke arah Barat.

Berikut adalah caranya agar mengetahui arah dengan bayangan:

  • Tancapkan potongan kayu secara tegak di permukaan tanah. Perhatikan arah bayangannya.
    Beri tanda pada ujung bayangan. Tunggu sekitar 10-15 menit, lalu beri tanda lagi pada ujung bayangan yang baru.
  • Hubungkan tanda pertama dengan kedua dengan garis lurus. Itulah arah Barat - Timur. Arah Utara dan Selatan dapat dibuat dengan garis yang tegak lurus arah Barat - Timur.
  • Jika kamu berdiri di atas garis Barat - Timur dan tanda pertama berada di sebelah kiri kamu, artinya kamu sedang menghadap arah Utara.

2. Menggunakan Rasi Bintang Biduk/Beruang Besar
Rasi Bintang ini menunjukkan arah Utara. Bentuknya seperti gayung, dan terdiri dari 7 buah bintang, rasi bintang ini disebut sebagai konstelasi Bintang Tujuh.

3. Menggunakan Rasi Bintang Orion
Rasi Bintang ini menunjukkan arah Barat. Rasi Orion ini mudah dikenali dengan adanya 3 bintang kembar yang berjajar membentuk Sabuk Orion.

4. Menggunakan Rasi Bintang Layang-Layang

Rasi bintang ini bisa kamu lihat pada langit malam dengan arah agak ke Selatan. Rasi bintang ini menunjukkan arah mata angin pada setiap bintang paling yang terang.

5. Mengamati Pepohonan

Ini bisa kamu lakukan kalau tersesat di dalam hutan. Caranya?

  • Carilah pohon besar menjulang. Lihat bagian batang pohon tersebut. Bagian yang cenderung berlumut menunjukkan arah Barat, sedangkan yang sebaliknya berarti menunjukan arah Timur.
  • Bila tersesat malam hari, raba batang pohon. Bagian yang terasa lebih hangat bagian Barat. Kenapa? Karena bagian itu baru terpapar sinar matahari sore hari sebelum terbenam. [][teks @CatatanDavid/berbagai sumber | foto wikihow.com, survival.about.com]