}
Tips Pelihara Anak Kucing
Tips

Tips Pelihara Anak Kucing

by Yogira
Fri, 10-Apr-2015

Kamu punya anak kucing baru? Wow, selamat datang dalam kehidupan yang menyenangkan. Sungguh, suara “meong” yang membangunkan tidurmu jadi momen yang indah bagi pencinta kucing. Tingkahnya yang lucu, selalu bikin kamu kangen.

Tapi sebelum kamu ingin memelihara anak kucing, sebaiknya  mesti tahu  beberapa hal mendasar dasar untuk memelihara binatang lucu ini. Apa saja? Yuk, simak hal berikut.

Makan dan Minum

Selalu pastikan, makanan dan minuman yang kamu berikan berlabel AAFCO dan memang benar-benar diformulasikan untuk anak kucing. Pastikan kamu memberikan dia lebih banyak protein ketimbang karbohidrat. Jangan sering memberi susu. Nah lho! Yap, soalnya banyak kasus gangguan pencernaan pada anak kucing terjadi karena susu.

Disiplin
Jika kamu punya kucing yang selalu melakukan hal yang kamu tak suka, latihlah dengan menggunakan sprayer. Semprotkan secukupnya tiap ia melakukan kesalahan. Ia akan belajar mengurangi kebiasaan jeleknya.

Gunakan kotak [wadah] kotoran

Sebaiknya sediakan satu wadah untuk satu anak kucing. Bersihkan sekali dalam sehari. Ingat, kucing nggak mau buang air di tempat yang menurutnya kotor.

Waktu Bermain
Bermain adalah latihan terbaik untuk anak kucingmu. Berikan dua kali sehari selama 10 menit. Kamu bisa gunakan pita, bola, sinar laser, dan benda lainnya. Tapi tetap awasi ya.

Beri Hadiah

Berilah hadiah berupa makanan hanya jika ia menyelesaikan hal spesial saja, seperti menuntaskan tantangan atau setelah memotong kukunya. Tapi, jangan terlalu sering, ya.

Perawatan

Rawatlah bulu-bulunya dengan menggunakan sikat berbahan metal untuk menyisir badannya dan memotong kukunya dengan pemotong kuku khusus.

Tidur
Anak kucing sangat aktif saat menjelang malam dan subuh. Biarkan ia memilih waktu tidurnya sendiri, jangan sampai kita terlalu mengaturnya.

Kunjungi Dokter Hewan
Secara teratur, cek kesehatan anak kucingmu. Beri vaksin seperti pencegahan herpes ketika usianya memasuki 8 minggu.

Beri Tanda atau Microchips

Nggak ada salahnya kamu memberi kalung nama atau tanda khusus pada anak kucingmu. Hal ini membantu ketika anak kucingmu kabur dan orang lain menemukannya. [][teks @CatatanDavid/ehow.com | foto fanpop.com, hqwallbase.com]