}
Segera! Cegah Demam Berdarah
Tips

Segera! Cegah Demam Berdarah

by Sherra
Thu, 11-Feb-2016

Pada musim pancaroba, kita dihantui dengan berbagai penyakit. Saat musim hujan, kekebalan tubuh harus ekstra kuat. Penyakit seperti: flu, meriang, dan demam banyak diderita orang yang kekebalan tubuhnya menurun. Di sisi lain, hujan dengan intensitas tinggi bisa menyebabkan genangan air yang menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

Nyamuk-nyamuk itulah yang dapat menyebarkan penyakit lain, seperti: demam berdarah, cikungunya, filariasis, malaria, dan penyakit-penyakit lainnya. Sebelum mereka menyerang kita, alangkah baiknya kalau memberantas jentik atau mencegah nyamuk agar nggak berkembang biak.

Inilah yang harus kita lakukan:

1. Menguras bak mandi dan tempat-tempat penampungan air secara rutin. Jangan lupa juga untuk mengganti air pada vas bunga. Perlu diingat, telur nyamuk berkembang menjadi nyamuk adalah 7-10 hari.

2. Menutup rapat tempat penampungan air seperti tempayan, drum, dan tempat air lain agar mencegah nyamuk bertelur di tempat tersebut.

3. Membersihkan pekarangan dan halaman rumah dari barang-barang bekas yang dapat menampung air, seperti: sampah kaleng, botol pecah, dan ember plastik.

4. Membersihkan air yang tergenang di atap rumah dan membersihkan saluran yang tersumbat sampah daun.

5. Pelihara ikan cupang atau ikan pemakan jentik nyamuk pada kolam.

6. Lakukan pengasapan/fogging agar mematikan nyamuk aides aegypti.

7. Memberikan bubuk abate pada tempat-tempat penampungan air seperti gentong air, vas bunga, kolam dan lain-lain.

8. Nyamuk termasuk hewan yang suka kelembapan dan tempat gelap. Biarkan sinar matahari masuk ke ruangan. Jangan membiasakan menggantung pakaian di balik pintu.

Cara mencegah gigitan nyamuk:

  • Mengusir nyamuk dengan obat anti nyamuk atau memakai lotion anti nyamuk.
  • Memasang kawat kasa di jendela dan ventilasi agar nyamuk sulit masuk ke dalam ruangan.
  • Pakai kelambu saat tidur, apalagi untuk tempat tidur bayi.
  • Cobalah menanam tanaman pengusir nyamuk [lavender, jeruk, geranium, serai, dan lainnya]. Letakkan tanaman mengelilingi rumah atau dekat dengan jendela kamar dan pintu.

Jaga kesehatan dan kebersihan ya Commuters.. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto corbisimages]