}
Tips dan Trik di Dapur
Tips

Tips dan Trik di Dapur

by Sherra
Thu, 11-Feb-2016

Pekerjaan di dapur entah memasak atau bersih-bersih bisa menjadi pekerjaan yang mudah walaupun tanpa bantuan orang lain. Nah, tips dan trik berikut bisa membantu Anda menghemat waktu, mengurangi kesulitan, dan bahkan uang soal dapur.

1. Kupas cepat bawang putih dengan cara mengocoknya di mangkuk atau botol dengan tutup yang keras. Pisahkan tiap siung bawang, lalu kocok mangkuk atau botolnya dengan kencang. Hal itu bisa melonggarkan kulit bawang dan mudah dikelupas.


2. Anda ingin menyimpan belanjaan di kulkas tapi kulkasnya penuh? Nah, agar kulkas Anda punya lebih ruang, coba simpan sisa makanan atau bahan masak lama di dalam kantong freezer daripada mangkuk. Ini bisa menghemat ruang kulkas untuk bahan makanan yang baru.


3. Ingin lebih mudah mengiris daging? Nah, coba masukkan ke dalam freezer sampai setengah beku. Daging yang setengah beku akan lebih mudah dipotong-potong.


4. Mengupas jahe dengan sendok lebih gampang dan lebih cepat daripada menggunakan pisau atau alat pengupas sayuran. Hanya dengan mengikis kulit jahe dengan sisi sendok.


5. Cara cepat mengupas telur rebus adalah menambahkan sedikit cuka atau 1 sdt baking soda ke dalam air mendidih, lalu masukkan telur. Setelah telur dingin, kulitnya akan jauh lebih mudah dikupas.

6. Beli pisang yang nggak terlalu matang itu ide yang bagus. Jadi pisangnya akan nggak cepat busuk dan lebih awet kalau disimpan lama. Nah, kalau Anda tiba-tiba ingin bikin pisangnya matang lebih cepat mudah aja. Masukkan pisang dalam oven dengan loyang selama sekitar 20 sampai 30 menit pada suhu 150 derajat Celcius. Lihat kulitnya. Jika sudah kuning dengan bintik hitam, berarti pisang sudah matang.

7. Supaya selada tetap segar dan tahan lama dalam kulkas, Anda bisa menggunakan paper towel. Setelah dicuci, letakkan daun selada di atas kain bersih atau paper towel. Gulung pelan dan masukkan ke dalam kantung kertas atau wadah yang bertutup.

8. Saluran air cucian piring sering mampet? Nah biasakan untuk menuang air mendidih ke dalam saluran air sekali-sekali agar nggak tersumbat daripada harus mengeluarkan makanan yang terjebak di salurannya.

Nah, selamat mencoba! [][teks @saesherra/lolwot | foto lolwot/corbisimages/berbagai sumber]