}
7 Tips Solo Traveler
Tips

7 Tips Solo Traveler

by Pandu
Mon, 22-Feb-2016

Kalau mau travelling kamu terus menunggu sampai mendapatkan teman seperjalanan, berarti nggak move on dong alias mandeg. So, kamu bisa jalan saja sendirian, teman masih bisa dicari selama perjalanan. Santai aja. bumi ini dihuni sekitar 6 miliar orang. Nggak mungkin 1% dari jumlah itu tidak ada yang ingin berkawan.

Kami punya tips untuk kamu yang ingin coba menjajal travelling sendirian. Takut? Nggak apa-apa. Takut itu diciptakan untuk dilangkahi supaya sesorang bisa jadi lebih hebat ketimbang sebelumnya. 

1. Believe in yourself! Satu-satunya teman ketika travelling solo, ya diri sendiri. Kalau tidak percaya sama diri sendiri, ya bisa runyam. Keputusan akan sulit diambil karena penuh ragu. Jadi, percaya saja sama diri sendiri.

2. Ikuti insting menunggu momen bagus? Hentikan. Setiap saat bisa jadi momen bagus. Ikuti naluri insting untuk memilah tempat yang harus dituju lebih dulu. Kalau menunggu harga murah atau cuaca bagus, ya nggak akan jalan-jalan deh.

3. Selalu meriset tempat tujuan adalah salah satu cara untuk menjaga diri dari ancaman bahaya. Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Apa saja yang perlu dipersiapkan. Sampai tingkat kriminal pun, dicek saja kalau perlu.

4. Buka pagar diri. Travelling sendirian bukan berarti diharamkan mencari teman. Selama bersikap terbuka pada semua hal, pasti ada hal-hal menarik yang mengikuti ke mana pun kamu pergi. Gunanya travelling memang untuk menambah wawasan, iya 'kan?

5. Pastikan momen penting terdokumentasi. Suatu hari ketika perjalanan itu selesai, pastikan ada barang yang bisa dikenang. Saat sore sambil minum teh, bercerita tentang masa lalu yang seru.

6. BE NICE! Ini adalah hal wajib bagi setiap solo traveller. Ramah kepada siapa pun dan di mana pun. Siapa tahu, kamu bisa dapat tumpangan atau penginapan gratis 'kan.

7. Love being alone. Love the fear. Setiap orang akan selalu takut sendirian karena kita diciptakan sebagai mahluk sosial. Tapi ketika kamu menghadapi momen sendirian, santai aja, Bray. Ganti rasa takut itu dengan bersyukur pada kesunyian. [][teks @HaabibOnta | sumber & foto berbagai media]