}
Racik Kaldu Sedap
Tips

Racik Kaldu Sedap

by Sherra
Wed, 24-Feb-2016

Kaldu memang ada yang instan. Tapi akan lebih baik, enak, dan sehat kalau bikin sendiri. Nah, supaya kaldu yang dibikin rasanya yahud, coba simak tips berikut.

1. Pilih bagian tulang atau daging yang tepat dan cuci bersih sebelum direbus.
- Daging sapi -- pilih daging dengan sedikit lemak.
- Tulang sapi -- pilihlah tulang kaki atau iga.
- Daging ayam -- yang enak untuk kaldu adalah bagian tulang punggung, sayap, dan kaki.

2. Nah, kaldu ayam akan lebih enak dengan menggunakan ayam kampung. Kalau menggunakan ayam negeri, rebus dahulu selama 5 menit dalam air mendidih, buang air rebusannya, ganti dengan air yang baru, lalu lanjutkan bikin kaldu.

3. Jangan tambahkan jeroan karena bikin rasa kaldu jadi pahit.

4. Nah, kuah kaldu akan lezat dengan tambahan bumbu. Sesuaikan dengan banyaknya kaldu yang ingin dibuat. Misalnya, untuk dua liter air dan dengan 500 gram daging atau tulang, tambahkan 1 buah bawang bombay, 5 siung bawang putih, 3 tangkai daun bawang seledri, 2 cm jahe, dan sedikit garam saat kaldu mendidih. Tambahkan air jika berkurang selama perebusan.

5. Rebuslah daging atau tulang dengan api kecil dan jangan sering diaduk supaya air rebusan ngggak keruh. Masaklah 1-3 jam.

6. Setelah selesai, saring untuk memisahkan kaldu dengan potongan daging  serta sayuran, kecuali Anda ingin langsung menggunakan kaldu tersebut untuk olahan sup.

7. Buang lemak kaldu yang mengambang saat kaldu didiamkan 1-2 jam.

8. Simpan kaldu dalam freezer. Kaldu yang beku akan tahan lebih lama. Bekukan aja dengan cetakan es batu, seperti pada artikel ini. Anda bisa menggunakannya nanti saat dibutuhkan.  

Selamat mencoba! [][teks @saesherra/ berbagai sumber | foto corbisimages]