}
Mengatasi Nyeri Punggung
Tips

Mengatasi Nyeri Punggung

by Pohan
Wed, 02-Mar-2016

Selain patah hati, masalah yang terasa menyakitkan bagi banyak orang itu nyeri punggung. Kesedihan yang berlarut-larut bikin semua jadi berantakan, begitu pula nyeri punggung. Ahey! Nah, sekarang mending kita usir nyeri punggung dengan cara:

Kenali Jenis Nyeri Punggung

1. Nyeri leher: sakit dan kekakuan pada leher.

2. Skiatika: semacam nyeri yang disebabkan  iritasi dan tekanan pada saraf skiatik yang menjalari punggung bawah sampai telapak kaki.

3. Whiplash: cedera leher yang timbul lantaran gerakan tiba-tiba.

4. Ankylosing spondylitis: kronisnya peradangan yang mempengaruhi tulang belakang dan juga sendi serta otot-otot yang berhubungan.

5. Nyeri bahu: kondisi ini sering menjadi gejala adanya penyakit lain.

6. Kekauan pada bahu: kondisi yang membuat pundak tidak bisa bergerak secara bebas.

7. Slipped disc: Bergesernya cakram sendi tulang punggung sehingga menimbulkan sakit punggung yang terus-menerus, kesemutan dan bahkan bisa mati rasa.

Supaya Nyeri Punggung Tidak Berkepanjangan

1. Usahakan tetap aktif bergerak. Berjalan kaki atau melakukan aktivitas seperti biasa justru bisa membantu pemulihan nyeri yang kamu alami. Sempatkan juga berolahraga,misalnya: bersepeda, pilates, dan renang.

2. Jika benar-benar nyeri yang kamu rasakan sudah tidak tertahankan, boleh mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen.

3. Ada bukti menurut penelitian bahwa sakit punggung bisa segera pulih jika pengidapnya selalu berpikir positif. Kalau sebaliknya, itu akan menimbulkan stres.

4. Coba deh jalani terapi manual. Misalnya punggung dikompres dengan air   panas atau dingin. Cara ini bisa  mengurangi nyeri. Bisa juga dengan mempelkan koyo atau mengoleskan balsam pada daerah yang sakit.

Alternatif pengobatan lainnya seperti:

» Fisioterapi: terapi untuk memperbaiki fungsi gerak motorik akibat gangguan pada rangka tubuh.
» Terapi chiropractic: Cara ilmiah untuk mendiagnosis, menangani, dan mencegah gangguan pada sistem muskuloskeletal [otot-otot dan kerangka tubuh].
» Terapi osteopati: mendeteksi, menangani, dan mengantisipasi masalah kesehatan. Misalnya dengan gerakan, peregangan, dan pijatan pada otot, dan sendi.

[pengobatan dilakukan kalau nyeri punggung telah terasa  lebih dari 6 pekan  dan sudah kronis]. [][teks @pohanpow/alodokter.com | foto centralchiro.ca, gfi.com]